Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Daun Nilam

Dikutip dari wikipedia, Nilam (Pogostemon Cablin Benth) adalah suatu semak tropis penghasil sejenis minyak atsiri yang dinamakan sama (minyak nilam). Dalam perdagangan internasional minyak nilam dikenal sebagai minyak patchouli (dari bahasa Tamil patchai (hijau) dan ellai (daun), karena minyaknya disuling dari daun. Aroma minyak nilam dikenal "berat" dan "kuat" dan telah berabad-abad digunakan sebagai wangi-wangian (Parfum) dan bahan dupa atau setanggi pada tradisi timur. Harga minyak nilam termasuk yang tertinggi jika dibandingkan dengan minyak atsiri lainnya. Namun dari beberapa hal di atas, taukah anda apa-apa saja kegunaan dan khasiat daun dan minyak nilam?. Berikut ini khasiat dan kegunaan daun dan minyak nilam menurut sepengetahuan yang saya dapat melalui membaca dan bertanya.

Sebagai Parfum atau Wewangian
Aroma woodsy yang yang berasal dari minyak nilam menjadikannya salah satu parfum pilihan orang-orang di dunia. Tidak hanya sebagai wewangian pakaian saja, melainkan dapat juga dijadikan sebagai pengharum ruangan baik ruang tidur maupun kamar mandi. Karena romanya yang menimbulkan ketenangan orang yang mencium aromanya.

Mengusir serangga
Selain sebagai parfum dan pengharum ruangan. Minyak nilam juga dapat berfungsi sebagai pengusir serangga terutama serangga perusak pakaian dan serangga yang ada dalam kamar mandi. Daun nilam yang diletakkan di antara lipatan-lipatan buku dapat mencegah kedatangan serangga (Sastrapraja dkk, Tanaman Industri (1981) hal.22-23). Hal itu menunjukkan bahwa nilam sangat berkhasiat dalam pengusiran dan pencegahan serangga.

Menghambat pertumbuhan jamur dan mikroba
Berdasarkan terhadap bioaktivitasnya, ternyata minyak nilam memiliki aktivitas sebagai antibakteri, antiradang dan menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri.

Pertolongan pertama digigit ular
Dalam pengobatan tadisional india atau yang sering disebut dengan ayuverda, minyak nilam digunakan sebagai penawar racun yangberasal dari gigitan ular atau serangga. Minyak nilam yang murni (100%) dapat diteteskan pada kapas dan dioleskan pada bagian yang digigit ular atau serangga. Karena minyak nilam dapat menetralisir racun/bisa ular sebagai pertolongan pertama, dan perlu di obati lebih lanjut.


Minyak rambut

Anti Jerawat
Minyak nilam mengandung senyawa patchouli alkohol sebagai kandungan utamanya dengan kadar 50-60% (Guenther, 1990; Yanyan et al, 2004). Berdasarkan terhadap bioaktivitasnya, ternyata minyak nilam memiliki aktivitas sebagai antibakteri, antiradang dan menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri. Berdasarkan aktivitas sebagai antibakteri dan antiradang inilah maka dijadikan dasar untuk mengembangkan minyak nilam sebagai obat jerawat.

Obat Eksim
Eksim adalah sejenis penyakit kulit. Dimana kulit mengalami pembentukan lepuh atau gelembung kecil hingga akhirnya pecah mengeluarkan cairan. Apabila anda memiliki penyakit sepertti ini, anda bisa mngunakan minyak nilam sebagai obatnya dan pengontrol rasa gatal.

Menyembuhkan ketombe
Anda bisa mecampurkan minyak nilam kedalam sampo herbal yang anda miliki dan menggunakannya sebagai pembersi kepala.

Pengobat Bebagai Penyakit
Air bekas rebusan daun nilam juga dapat anda gunakan sebagai obat batuk dan asma. Selain itu, air rebusan daun nilam juga bisa digunakan dalam pengobatan bisul.  Akarnya dapat digunakan sebagai obat rematik.

Penyedap Makanan
Selain beberapa hal di atas, anda juga dapat memasukkan daun nilam sebagai salah satu bumbu penyedap makanan.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More