Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Patikan Kebo

Jika Anda menjumpai tanaman ini, mungkin Anda akan menganggap ia hanyalah tanaman gulma pengganggu yang tidak berguna. Tapi tidaklah Tuhan menciptakan sesuatu kecuali ada manfaatnya. Ternyata Patikan Kebo memiliki khasiat obat herbal yang luar biasa. Tanaman bernama latin Euphorbhia hirta L. ini dikenal masyarakat Indonesia dengan berbagai nama seperti, gelang susu/ nanangkaan (sunda), kukon-kukon (Jawa), juga disebut sosononga (Maluku).
Hebatnya, menurut penelitian yang telah dilakukan para ahli telah dilaporkan bahwa ekstrak etanol Patikan Kebo memiliki aktivitas antimikroba tertinggi terhadap baktieri Salmonella typhi yaitu bakteri penyebab penyakit Tifus. Sdangkan Ekstrak daun, batang, bunga dan akar Patikan Kebo memiliki aktivitas antioksidan dengan urutan aktivitas antioksidan tertinggi adalah daun, bunga, akar dan batang. Penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa ekstrak daun Patikan Kebo memiliki aktivitas larvasida dan pupisida pada vektor nyamuk malaria Anopheles stephensi.
Secara turun temurun biasanya Patikan Kebo digunakan untuk mengobati sakit Asma dan gangguan penglihatan, obat batuk dan juga sariawan. Di Nigeria tanaman ini biasa digunakan untuk mengobati luka. Juga digunakan untuk pengobatan penyakit akibat mikroba seperti gonorhea dan disentri.
Cara Menggunakan Patikan Kebo untuk mengobati penyakit seperti :
1. Patikan Kebo mengobati Influenza
Daun Patikan Kebo 1/2 genggam dicuci lalu direbus dengan air bersih sebanyak 3 gelas hingga tersisa 3/4 nya. Dinginkan lalu saring. Tambahkan madu secukupnya diminium 2 kali sehari.
2. Patikan Kebo mengobati Bronchitis
Daun Patikan Kebo 1/3 genggam cuci bersih lalu giling halus, tambahkan air matang 3/4 cangkir dan madu 1 sdm, peras dan saring airnya diminum 2 kali sehari.
3. Patikan Kebo mengobati Batuk
20 gr daun segar Patikan Kebo direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit , setelah itu saring dan diminum sehari dua kali masing-masing setengah gelas.
4. Patikan Kebo mengobati Disentri
Patikan Kebo 15-25 gr ditambah gula pasir (bila berdarah) atau gula enau (bila berlendir), tambah air secukupnya lalu di tim kira-kira 15 menit. Lalu diminum.
5. Patikan Kebo mengobati kencing tidak lancar
Tanaman segar Patikan Kebo tambahkan air secukupnya , direbus. Untuk diminum 2 kali sehari.
6. Patikan Kebo mengobati bisul atau Abses

Patikan Kebo segar 60 gr ditambah 120 gr tahu putih ditim 15 menit lalu dimakan.
7. Patikan Kebo mengobati Thypus abdominalis
Herba segar 30-150 gr direbus dengan air secukupnya diminum 3 kali sehari.
8. Patikan Kebo mengobati Radang ginjal
Patikan Kebo kering 6-9 gr atau 30-60 gr yang segar direbus , lalu diminum.
9. Patikan Kebo mengobati Eksim
Herba segar 90 gr ditambah 1/2 liter alkohol 70% direndam 3-5 hari , untuk cuci eksim.
10. Patikan Kebo mengobati radang tenggorok
Daun secukupnya diseduh dengan air panas , dipakai untuk kumur saat hangat.
11. Patikan Kebo mengobati Asma
1 genggam Patikan Kebo kering direbus dengan 2-3 gelas air hingga mendidih, saring dan diminum 2kali sehari 1/2 gelas pagi dan sore hari.
12. Patikan Kebo mengobati radang payudara
Satu genggam daun patikan Kebo dan 2 sendok makan kedelai direbus dengan 3-5 gelas air hingga mendidih. Dinginkan disaring , diminum 2 kali sehari 1 cangkir.
13. Patikan Kebo mengobati mata merah
Teteska getah tanaman Patikan Kebo pada mata yang merah 2 kali sehari hingga sembuh.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More