Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Mentimun

Manfaat mentimun untuk kesehatan, rambut dan kulitKetimun adalah sayuran yang banyak mengandung air dan bertekstur renyah, yang biasanya banyak di sajikan sebagai pelengkap untuk makan nasi lalapan, salad, rujak, hingga sandwich. Kandungan klori mentimun sangat rendah, namun ia mengandung banyak nutrisi daripada hanya sekedar air dan elektrolit. Bahkan hampir semua nutrisi yang diperlukan untuk diet seimbang terdapat dalam buah sayuran yang menyegarkan ini.

Ada 30 Manfaat yang Luarbiasa dari buah mentimun Bagi kesehatan, mata, kulit dan rambut

Mentimun yang rendah lemak jenuh, kolesterol, dan sodium ini juga sumber yang baik dari vitamin A, asam pantotenat, magnesium, fosfor dan magnesium. Sementara itu juga tinggi kalium, folat, karbohidrat, seng, Vitamin C dan Vitamin K. Semua nutrisi ini sangat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan dapat mengobati penyakit dan meningkatkan proses dalam tubuh.

Manfaat Mentimun untuk kesehatan:

Sayuran ini paling baik dipanen ketika masih muda, yaitu ketika dagingnya masih terasa lembut dan renyah. Memiliki rasa yang sedikit manis, terutama jika dimakan mentah sebagai salad atau sandwich atau dalam bentuk jus. Berikut manfaatnya bagi kesehatan:

  1.  Kalori mentimun sangat rendah, yaitu hanya 15 gram kalori per 100 gram .Tidak mengandung lemak atau kolesterol jenuh. Menkonsumsi mentimun bisa sebagai obat untuk mengatasi sembelit kronis.
  2. Kulit mentimun mengandung serat makanan yang tinggi, yang membantu untuk mengurangi sembelit, gangguan pencernaan dan mencegah penyakit lambung yang berkaitan dengan detoksifikasi usus.
  3.  Juga memiliki atribut penyembuhan bagi kondisi yang ada kaitannya dengan penyakit kandung kemih dan ginjal. Kandungan air dalam mentimun yang membantu fungsi ginjal dengan cara mempromosikan buang air kecil. Konsumsi sayuran ini secara teratur juga dapat melarutkan batu ginjal.
  4. Masalah pencernaan seperti mulas, asam lambung, gastritis dan bahkan tukak lambung dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi rutin mentimun atau jus mentimun. Enzim yang disebut Erepsin dalam ketimun juga membantu dalam pencernaan protein.
  5. Tidak hanya dagingnya, bijinyapun juga sangat bermanfaat. Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengeluarkan cacing pita dari dalam saluran usus. Biji juga memiliki sifat anti inflamasi yang efektif untuk pengobatan pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan .
  6. Ketimun adalah salah satu sumber kalium (potassium) terbaik, yaitu mengandung 147 miligram kalium per 100 gram. Senyawa Elektrolit yang ramah jantung ini bermanfaat mengurangi tingkat tekanan darah tinggi, mengurangi denyut jantung dengan meminimalkan efek dari natrium.
  7. Ketimun mengandung antioksidan seperti karoten, zea – xanthin dan lutein. Senyawa-senyawa ini bertindak sebagai pembersih radikal bebas yang umum menyebabkan penuaan dan penyakit terkait usia lainnya.
  8. Ekstrak mentimun juga dikenal untuk mengurangi peradangan, karena aktivitas enzim inflamasi pro seperti cyclo – oxyenase yang bekerja mencegah produksi oksida nitrat yang menyebabkan peradangan yang berlebihan.
  9. Jus mentimun mengandung hormon yang sangat dibutuhkan oleh pankreas dalam memproduksi insulin yang sangat bermanfaat bagi pasien diabetes. Tembaga yang juga terkandung dalam mentimun juga membantu untuk menghasilkan sel darah yang sehat, dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  10. Sayuran hijau segar ini juga mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ini adalah 3 lignan sangat terkait dengan pengurangan risiko mengembangkan beberapa jenis kanker seperti kanker payud*ra, kanker usus, kanker ovarium, kanker rahim dan kanker prostat. Ketika kita mengkonsumsi lignan, bakteri yang ditemukan di saluran pencernaan akan ditangkap oleh lignan ini, dan diubah menjadi enterolignans. Enterolignans ini mengikat ke reseptor estrogen, untuk mengurangi estrogen penyakit seperti terkait kanker.
  11. Baik untuk mendukung kesehatan gigi dengan mencegah timbulnya bau mulut. Fitokimia yang ada dalam sayuran ini akan mematikan bakteri penyebab bau mulut. Ambil seiris mentimun dan tekan-tekan ke langit-langit mulut dengan lidah Anda selama 30 detik. Fitokimia akan mematikan bakteri penyeba bau mulut. Mentimun mentah dapat meningkat air liur, dan membawa netralisasi asam dan alkali dalam rongga mulut. Jus dari sayuran ini juga efektif untuk mengobati penyakit gusi.
  12. Ketimun juga bisa digunakan untuk menyembuhkan mabuk dan sakit kepala. Hal ini karena mereka membantu rehidrasi nutrisi tubuh, serta menghilangkan racun dari asupan alk*hol. Makan beberapa iris mentimun sebelum tidur, vitamin B dan elektrolit dalam sayuran ini akan mengurangi intensitas mabuk dan sakit kepala.
  13. Memiliki sifat diuretik ringan karena kandungan kalium dan kadar air yang tinggi. Juga mengandung mangan dan serat yang bermanfaat mengatur tekanan darah, baik darah tinggi dan tekanan darah rendah. Uap yang dihasilkan saat mendidihkan mentimun bisa dihirup untuk pereda stres, menenangkan dan melemaskan otot-otot dan indera.
  14. Mentimun mengandung 95 % air yang bermanfaat untuk menghidrasi tubuh dan menghilangkan racun. Kadar air yang tinggi dalam mentimun bekerja sebagai pembersih sistem dan mengeluarkan produk limbah untuk segera keluar.
  15. Sayuran ini juga mengandung Vitamin K , dimana yang sangat penting untuk memperkuat tulang dengan mempromosikan aktivitas orthotropic. Tingginya silika juga bermanfaat bagi kesehatan sendi dengan cara memperkuat jaringan ikat. Juga merupakan sumber kalsium yang baik, sehingga cocok untuk diet vegan. Mengkonsumsi cukup kalsium juga akan menjaga tubuh keseimbangan hormon dengan mengendalikan pelepasan hormon.
  16. Tembaga dalam mentimun membantu neurotransmitter, keluarga kimia otak yang diperlukan untuk berkomunikasi. Hal ini juga membantu menghambat penyakit Alzheimer, dengan cara membatasi kerusakan netral dalam otak.

Manfaat Untuk Kulit

Sebagian besar produk perawatan rambut dan kulit dibuat dengan menggunakan mentimun sebagai salah satu bahan utamanya. Buah ketimun mentah juga banyak digunakan di banyak salon kecantikan dalam proses facial , yang bertujuan untuk mengurangi keriput dan bengkak di sekitar mata. Berikut beberapa manfaat utama mentimun bagi kulit :

  1. Manfaat terbesar dan paling penting dari mentimun bagi kulit adalah manfaat revitalisasi. Masker wajah yang mengandung sari mentimun bermanfaat untuk mengencangkan kulit.
  2. Mengandung kandungan pemutih ringan yang dapat membalikkan taning pada kulit, sehingga kulit kembali muda dan berscahaya kembali.
  3. Jika Anda khawatir tentang kantung mata, maka mentimun bisa membantu Anda. Asam askorbat dan asam caffeic dalam mentimun bisa membantu mengurangi pembengkakan di sekitar mata.
  4. Mentimun yang diiris atau dihaluskan yang di terapkan pada kulit akan membantu masalah kulit akibat terbakar akibat sengatan sinar matahari. Hal ini merupakan cara alami, lembut dan murah untuk mengobati luka bakar akibat matahari .
  5. Penggunaan paling umum lainnya adalah untuk meningkatkan peremajaan kulit. Tambahkan jus mentimun dengan beberapa tetes jus lemon, dan menggunakannya sebagai masker wajah. Hal ini akan memperbaiki kulit dan akan menambah kecerahan.
  6. Mentimun juga bisa Anda gunakan untuk mengobati pori-pori terbuka. Ekstrak sayuran ini dan gunakan sebagai toner. Anda juga bisa mencampurnya dengan cuka sari apel, bubur tomat dan gel Aloe Vera gel agar bisa menjadi lebih efektif.
  7. Mentimun juga bisa membantu untuk membuang selulit padapaha. Campurkan beberapa sendok kopi bubuk , jus mentimun dan madu untuk membuat pasta tebal. Terapkan ini pada daerah yang terkena selulit, bungkus dengan kain muslin dan kelupas secara perlahan setelah 30 menit. Makan sayuran ini dalam keadaan segar juga dapat mengobati selulit .
  8. Mentimun mengandung 95 % air yang berguna untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik dan lembab. Bijinya yang juga kaya akan vitamin E dan kalium akan membantu mengurangi garis halus, keriput, noda hitam dan tanda-tanda penuaan.
  9. Menempatkan irisan mentimun pada mata juga bisa mengurangi munculnya lingkaran hitam dengan cepat. Banyaknya kandungan antioksidan dan silika dalambuah ini dapat meremajakan kulit dan memudarkan lingkaran hitam pada mata. Tempatkan 2 iris mentimun pada mata dan biarkan selama 20 menit, atau Anda juga bisa berendam 2 bola kapas kedalam jus mentimun dan menempatkannya pada mata Anda.
  10. Anda juga dapat menggunakan mentimun yang diparut parut untuk mengobati bintik-bintik dan noda hitam. Terapkan jus mentimun seluruh wajah untuk mengobati bintik-bintik wajah. Mentimun akan memberikan banyak keuntungan bila digunakan sebagai masker wajah. Parutan mentimun atau jus mentimun dapat digunakan sebagai unsur utama masker wajah untuk mengobati keriput, jerawat dan masalah kulit lainnya .

  • Ambil mentimun segar, blender untuk membuat pasta halus. Tambahkan beberapa tetes jus lemon dan 1 sendok teh madu . Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 20 menit, kemudian cuci dengan air keran dan keringkan. Paket wajah ini akan membantu membalikkan taning.
  • Campurkaan beberapa jus kunyit dan jus lemon dengan bubur mentimun segar.
  • Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit, lalu cuci setelah mengering. Ini akan bermanfaat untuk mengontrol sekresi minyak pada wajah.

Manfaat untuk rambut:


  1. Manfaat yang paling penting untuk rambut adalah memperkuatnya. Mentimun dalam bentuk jus berkontribusi bagi pertumbuhan rambut, terutama karena kandungan silikon, sulfur sodium, fosfor dan kalsium, yang merupakan nutrisi yang paling dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut . Rutin Minum jus ketimun setiap hari baik untuk mengontrol kerontokan rambut.
  2. Jus mentimun juga dapat digunakan untuk membilas rambut, sehingga rambut menjadi halus dan mengkilap.
  3. Sayuran tinggi air ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda pada alat yang terbuat stainless steel di rumah sehingga bisa mengkilat lagi. Bahan kimia yang ditemukan dalam mentimun juga digunakan dalam pembuatan poles pengkilap sepatu.
  4. Letakkan irisan mentimun dalam wadah, kemudian taruh disekitar kebun untuk mengendalikan hama siput. Bahan kimia dalam sayuran ini melepaskan aroma yang menarik hama dan serangga.

Efek Samping :

  • Dapat menyebabkan Alergi, terutama di sekitar rongga mulut yang menimbulkan gatal dan pembengkakan. Hal ini dapat dicegah dengan cara memasaknya sebelum dikonsumsi/tidak dimakan dalam bentuk mentah .
  • Dapat menyebabkan masalah gastritis dan gangguan pencernaan pada beberapa orang, hal ini terutama karena disebabkan kandungan senyawa cucurbitacin pada mentimun.
  • Ketimun juga bisa menyebabkan keracunan dan kebotakan karena mengandung bahan kimia tertentu. Hal ini biasanya akan terjadi jika seseorang mengkonsumsi mentimun dalam jumlah berlebihan. Untuk menghindari hal ini, hindari juga memilih buah ketimun yang berkulit keriput – atau yang memiliki rasa agak pahit.

































Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More