Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Saga Telik

Deskripsi Tanaman Saga Telik


Tanaman saga telik adalah tanaman perdu yang sering kita jumpai di sekitar kita. Nama latin tanaman saga telik adalah Abrus Precatorius L. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman saga telik mempunyai nama Rosary Pea, Black-Eyed Susan, Crab's Eyes, dan  Indian Licorice. Tanaman saga telik ini biasanya tumbuh liar di  ladang, dipinggir jalan, dan hutan.  Ciri-ciri tanaman saga telik ini mempunyai warna biji yang berwarna merah dan sekidit hitam.  Fungsi dan kegunaan tanaman saga telik bagi sebagian orang bijinya digunakan untuk kerajinan tangan seperti kalung dan gelang karena bijinya mempunyai warna yang indah dan menarik. Namun yang tdiak kita ketahui ternyata tanaman saga telik ini mempunyai segudang manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada di tubuh.

Nama Daerah Tanaman Saga Telik
  • Jawa : Saga Telik
  • Melayu : kenderi
  • Aceh : Thaga
  • Sunda : Saga Rambat, Saga Areuy, Saga Leutik
  • Gorontalo : Walipopo
  • Bali : Piling-Piling
  • Gayo : Seugeu
  • Ambon : Ailalu Pacar
  • Minangkabau : Saga Ketek

Klasifikasi Tanaman Saga Telik 

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus: Abrus
Spesies: Abrus precatorius L.

Anatomi Tanaman Saga Telik

Tanaman saga telik merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman suku polong-polongan (Fabaceae). Tanaman saga telik ini termasuk tanaman perdu dengan pokok batang yang berukuran kecil, tumbuh merambat pada pohon lain. Tanaman saga telik mempunyai daun majemuk, berbentuk bulat telur dan mempunyai ukuran yang kecil. Daun tanaman saga telik ini daunnya mirip tanaman asam jawa dengan sirip ganjil dan mempunyai rasa yang agak manis. Bunga tanaman saga telik berwarna ungu muda dengan bentuk menyerupai kupu-kupu, muncul dalam tandan bunga. Buah tanaman saga telik ini buahnya polong, berisi biji yang berwarna merah dengan sedikit warna hitam yang bertektur licin. Biji tanaman saga telik berbentuk bulat lonjong mirip biji tanaman kedelai. Tanaman saga telik berkembang menggunakan bijinya. Tanaman saga telik ini hidup pada daerah yang mempunyai intesitas sinar matahari dan curah hujan yang cukup. Habitat tanaman saga telik ini berada pada  ketinggian 0-1.000 m dpl.

Kandungan Tanaman Saga Telik

Tanaman saga telik mengandung protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, kalsium oksalat, glisirizin, flisirizinat, saponin, flavonoid, polifenol, polygalacturomic acid, dan pentosan.

Penjelasan Khasiat Daun Saga dan Manfaat Daun Saga

Mungkin kalian tidak asing lagi dengan daun saga yang memiliki daun khas majemuk dan rasa yang manis daun ini, ternyata di balik rasanya yang manis daun saga ini mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan manusia. Namun banyak juga yang belum mengetahui kandungan apa yang terdapat pada daun yang satu ini, kandungan pada daun saga ini lah yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita.
Daun Saga
Daun Saga

Daun Saga

Daun saga umumnya dapat kita temukan di pinggir-pinggir jalan sekitar rumah kita, sehingga daun ini mudah sekali kita temukan untuk mengatasi segala macam penyakit yang ada di dalam tubuh. Selain daunnya, konon katanya akar dari pohon saga ini ternyata mempunyai manfaat sendiri loh, dengan adanya fakta ini membuat para ilmuwan melakukan penelitian mengenai kandungan pada akar dan daun saga ini dan ternyata sudah terbukti dengan kandungan senyawa yang terdapat pada daun dan akar pohon saga ini bagi kesehatan. Kandungan pada daun dan akr pohon saga ini memiliki kandungan yang sangat berkhasiat seperti protein, vitamin A,B1,B6, C,Kalsium oksalat, polygalacturomic acid, filsirizinat dan pentosan.
Daun kandungan pada akar dan daun saga ini sudah sangat jelas, bahwa pohon saga mempunyai khasiat tersendiri unruk dapat mengatasi dan mengobati beberapa jenis penyakit pada tubuh manusia. Akar dan daun saga dipercaya ampuh untuk mengobati sakit amandel, tekanan darah tinggi, jantung berdebar dan keringat dingin. untuk lebih jelasnya berikut pembahasan tentang manfaat daun saga dan akarnya.

Manfaat Daun Saga

Berikut ini manfaat dan cara pengolahan daun saga, Antara lain :

– Khasiat Daun Saga dan Manfaat Daun Saga Untuk Mengobati Amandel

Manfaat daun saga yang pertama yang jarang diketahui oleh mereka yang mempunyai masalah dengan amandel, daun saga bisa digunakan untuk alternatif pengobatan amandel. Untuk cara pembuatannya kita akan menggunakan akar pohon saga yang direbus bersamaan dengan kayu manis dan ditambahkan dengan gula batu yang dicampur dengan air mineral sebanyak 5 gelas, kemudian diamkan sampai mendidih jika sudah setengahnya maka saring dan minumlah obat alami amandel ini 2 kali sehari pada pagi dan sore hari sampai amadelnya benar-benar menghilang.

– Khasiat Daun Saga dan Manfaat Daun Saga Untuk Mengobati Radang Mata

Kemudian untuk mengobati radang mata dengan menyiapkan daun saga satu genggam yang sudah digiling hingga halus, kemudian direbus dengan takaran 2 gelas air dan yang akan kita gunakan uap dari rebusan saun saga yang akan digunakan sebagai obat tetes mata yang mengalami radang mata.

– Khasiat Daun Saga dan Manfaat Daun Saga Untuk Mengobati Sariawan

Untuk mengobati sariawan dengan daun saga ini hanya dengan menyiapkan daun saga yang masih segar lalu jemurlah sebentar saja sampai daunnya layu dan lemas, kemudian daun saga tadi dikunyah-kunyah sampai halus dan digunakan untuk berkumur-kumur jangan samapi di telan.

– Khasiat Daun Saga dan Manfaat Daun Saga Untuk Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Manfaat selanjutnya dari daun saga ini adalah mampu mengobati mereka yang mempunyai tekanan darah tingi caranya siapkan daun saga manis, daun selamagi, daun kaki kuda, buah wuluh putih dan daun kejibaling. Kemudian siapkan 4 gelas air dan masukkan semua bahan-bahan tadi ke dalam wadah yang berisi air, setelah itu rebus sampai airnya tersisa setengahnya, lalu saring dan minumlah air rebusan tadi.

– Khasiat Daun Saga dan Manfaat Daun Saga Untuk Mengobati Batuk Kering

Batuk merupakan masalah umum yang sering dialami oleh masyarakat terlebih lagi jika sering mengkonsumsi jajan yang digoreng seperti gorengan, hal tersebut dapat mengakibatkan mereka mengalami batuk kering sehingga akan membuat mereka sangat terganggu dengan adanya masalah tersebut. untuk cara mengobati batuk kering dengan daun saga ini cukup dengan menyiapkan daun saga manis, daun po’o, dan buah pace yang sudah masak. Kemudian tumbuk halus semua bahan-bahan tersebut, rebus dengan 4 gelas air mineral, jika sudah maka saring dan minum air rebusan dari daun saga tadi untuk mengobati masalah batuk kering anda.

– Khasiat Daun Saga dan Manfaat Daun Saga Untuk Jantung Berdebar Dan Keringat Dingin

Tidak hanya dapat mengobati penyakit tekanan darah tinggi, daun saga ini ternyata mampu mengobati masalah jantung berdebar dan keringat dingin. Tentu hal tersebut belum banyak diketahui, caranya kita harus menyiapkan 8 gram daun saga maniis dan daun sembung sekitar 10 gram, kemudian tambahkanlah 5 gram kencur kemudian rebus bahan-bahan tadi dengan ditambah 400 ml air mineral, jika sudah maka minumlah obat alami tersebut.
Nah itulah penjelasan mengenai daun saga yang sudah terbukti efektif mengatasi segala jenis penyakit yang terdapat di dalam tubuh kita yang sudah terbuktif ampuh. Daun saga merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak sekali tumbuh di sekitar lingkungan kita dan segudang khasiatnya. Semoga mengenai pembahasan daun saga ini dapat membantu anda untuk mengatasi berbagai penyakit pada tubuh anda, sehingga akan sangat memudahkan mengobati dengan tumbuhan alami.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More