Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Tanaman Senggani

Khasiat Manfaat Tanaman Harendong Senggani CengkodokKhasiat Senggani memang cukup berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Bagian tanaman yang sering digunakan ialah akar, daun, bunga, buah dan kulit batangnya. Salah satu contohnya ialah untuk pengobatan herbal seperti meringankan rasa sakit, peluruh kencing, menghentikan pendarahan serta mempunyai sifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan. Namun untuk mengetahui lebih detail, dibawah ini kami sudah merangkum beberapa keterangan singkat yang membahas seputar manfaat kembang senggani bagi kesehatan dan juga kecantikan.

Senggani (Nama Latin : Melastoma) adalah sejenis tanaman hias berbunga yang juga sering disebut dengan Harendong. Tumbuhan ini berkhasiat obat dan mempunyai berbagai nama lokal yang berbeda pada setiap wilayahnya. Contoh : Harendong (Sunda), Senggani (Bhs.Indo), Kemanden (Madura), Kluruk (Jawa), Yeh Mu Tan (Cina) dan Senduduk (Melayu).
14 Khasiat Tanaman Senggani Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Bunga Senggani tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dengan ciri berupa tanaman perdu berpohon tegak dengan ketinggian mencapai hingga 4m. Habitat hidup bisa ditemukan pada daerah yang cukup akan asupan sinar matahari secara langsung seperti lereng gunung, ladang serta daerah lain yang mempunyai permukaan tanah tidak begitu tandus. Berbunga majemuk dengan warna ungu kemerahan. Untuk ciri sederhananya bisa dicek pada cuplikan gambar diatas.

Dari bagian tanaman yang digunakan sebagai obat seperti akar, biji, daun dan buah, ditemukan beberapa senyawa alami berupa : Flavonoid, Saponin dan juga tanin. Nah dari zat inilah diperolah manfaat yang sangat mujarab untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Penasaran? Berikut rincian singkatnya!

14 Khasiat Tanaman Senggani Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Bersifat analgetik yang ampuh untuk meringankan dan meredam rasa nyeri atau sakit.
  2. Bersifat diuretik yang mampu melancarkan saluran kemih.
  3. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan / pembengkakan.
  4. Mengatasi gangguan pencernaan seperti menghentikan diare / mencret.
  5. Mengobati penyakit kuning (hepatitis) serta penyakit lain yang berhubungan dengan hati.
  6. Mengatasi keputihan pada kaum hawa.
  7. Menghentikan pendarahan seperti mimisan dan lain-lain.
  8. Menetralkan racun sehingga baik dikonsumsi untuk mengatasi keracunan.
  9. Mempercepat pematangan atau penuaan bisul.
  10. Melancarkan produksi ASI bagi kaum ibu yang sedang menyusui.
  11. Menyembuhkan sariawan dan sakit tenggorokan.
  12. Mengobati wasir atau ambeien.
  13. Mengurangi darah pada saat mengalami haid yang berlebihan.
  14. Mempercepat penyembuhan luka.
Bagaimana resep dan cara menggunakan senggani sebagai obat?
  • Wasir dan disentri : Daun senggani dan aseman sebanyak 60gr kemudian direbus dengan 250cc air hingga tersisa separuh. Minum secara rutin minimla 1x sehari dan maksimal 2x sehari.
  • Pematangan bisul : Rebus daun senggani secukupnya kemudian minum secara rutin 2x sehari. Ampas daun rebusan juga bisa digunakan sebagai obat tapal pada bisul.
  • Menetralkan racun : Siapkan akar dan daun senggani secukupnya, rebus dan minum 1x sehari dengan porsi 1/2 gelas perminum.
  • Keputihan : Siapkan 2 genggam daun senggani dan 2 ruas kencur. Tumbuk kasar dan direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Minum 2x sehari dengan porsi 1/2 gelas.
Penggunaan Netral (bisa digunakan untuk semua penyakit yang sudah disebutkan) :
Rebus semua bagian tanaman seperti akar, daun dan bunga dengan air secukupnya. Minum air rebusan secara rutin agar penyakit yang dimaksud bisa cepat sembuh. Sedangkan untuk luka, bisa menapalkan daun senggani yang sudah dihaluskan guna menghentikan pendarahan dan juga mempercepat proses pengeringan.

Demikianlah artikel singkat mengenai 14 Khasiat Tanaman Senggani Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More