Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan

Halo pemirsa yang budiman dimanapun anda berada. Apa kabarnya hari ini? Mudah-mudahan selalu sehat wal afiat. Anda suka mengkonsumsi buah-buahan? Buah-buahan sangat baik untuk kita konsumsi secara rutin setiap hari. Kita bisa merakan manfaatnya secara langsung bagi kesehatan.


Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, mengkonsumsi buah juga bermanfaat untuk kecantikan. Buah merupakan sumber nutrisi yang sangat biak. Ada banyak sekali vitamin dan mineral. Maka dari itu jangan ragu lagi untuk terus mengkonsumsinya. Nah, kali ini admin ingin berbagi secara khusus kepada anda mengenai manfaat buah markisa bagi kesehatan. Apa saja ya kira-kira?

Di Indonesia terdapat 4 (empat) jenis Markisa yang dibudidayakan :
1. Ungu (Passiflora edulis var. edulis)
2. Konyal  (Passiflora lingularis
3. Kuning (Passiflora edulis var. flavicarpa).
4. Erbis ( Passiflora quadrangularis).

Markisa tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan yaitu Negara Brasil, yang menyebar sampai ke Indonesia.

Ada baiknya kalau kita bahas terlebuh dahulu kandungan nutrisi markisa.
Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi Markisa

Setiap satu buah markisa warna ungu mengandung fosfor 12 mg, zat besi 0.3 mg, kalsium 2 mg, potasium  63 mg, sodium 5 mg, vitamin A 130 IU, vitamin C 5 mg dan magnesium 5 mg.

Oke langsung kita ketopik pembahasan, berikut ini beberapa manfaat buah markisa bagi kesehatan yang perlu anda ketahui.

Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan

1. Buah Markisah Kaya akan Serat

Buah markisah memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, saluran pencernaan dan usus menjadi bersih. Anda dapat memilih buah markisah sebagai salah satu sumber serat. Biji dari buah ini pun bisa dimakan karena mengandung serat. Buah markisah juga bisa dijadikan pencahar ringan. 

2. Buah Markisah Kaya Antioksidan

Warna-warna kulit buah yang ungu serta warna daging yang berwarna oranye, menunjukkan bahwa buah ini kaya akan antioksidan. Antioksidan bertugas untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Buah markisah memiliki air dan antioksidan yang larut dalam lemak. Salah satu antioksidan utama yang ditemukan dalam buah ini adalah beta-karoten.

3. Buah Markisah Sangat Baik bagi Penderita Asma

Bagi Anda penderita asma, markisah adalah buah yang sangat bergizi dan sehat yang dapat menenangkan serangan asma. Selain karena mengandung vitamin C, Markisah tampaknya memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma.

4. Buah Markisah Memiliki Efek Relaksasi

Minum segelas jus markisah dingin dapat membantu anda mengendurkan saraf dan pikiran anda dan membuat perasaaan menjadi lebih tenang. Buahh ini sering dijadikan obat untuk masalah pencernaan dan penyakit lambung.

5. Buah Markisah Sangat Baik bagi Penderita Insomia

Buah Markisah memiliki efek mengantuk pada sistem saraf manusia sehingga membuat perasaan tenang dan membantu anda dalam merilekskan pirikan anda. Hal ini sangat membantu penderita insomnia atau mereka yang tidak bisa tidur nyenyak. Segelas jus markisah sebelum tidur bisa mungkin bisa anda minum sebelum tidur.

6. Buah Markisah adalah Sumber Nutrisi yang Baik

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, buah markisah adalah sumber vitamin C yang baik, Satu porsi 100 g (3,5 ons) mengandung 30 mg vitamin C. Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh dan merupakan antioksidan. Satu porsi 100 g buah markisah mengandung 1275 IU vitamin A. Vitamin A meningkatkan kualitas penglihatan dan membantu dalam melawan infeksi, membuat kulit sehat bersinar dan membantu pertumbuhan sel. Buah markisah juga merupakan sumber kalium (348 mg dalam 100 g). Mineral ini memiliki efek yang menyehatkan pada jantung manusia dan membantu fungsi jantung, aliran dan tekanan darah dalam tubuh. Selain kalium, buah markisah juga mengandung zat besi, magnesium dan kalsium.

7. Buah Markisah baik untuk Diet

Bagi orang yang sedang menjalani Diet, Buah-buah merupakan hal yang wajib dikonsumsi, dan markisah sangat baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan markisah memiliki kalori yang rendah, hanya 97 kalori per 100 g! Buah markisah juga rendah sodium dan lemak. Markisah juga mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik. Nutrisi buah ini bekerja menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi pada buah ini membuat Anda kenyang, sehingga Anda tidak ingin makan makanan lain lagi.

8. Mengatasi batuk
9. Anti alergi
10. Menenangkan anak hiperaktif
11. Melancarkan ASI
12. Menjaga kecantikan wajah
13. Menurunkan kolesterol
14. Memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan
15. Melancarkan peredaran darah
16. Anti peradangan
16. Penurun panas (anti piretik)
17. Mencegah hipertensi
18. Penghilang nyeri (analgesik)
19. Antiseptik
20. Penghilang kerut pada wajah
21. Menstabilkan Berat Badan
Buah markisa juga sangat bermanfaat untuk anda yang sedang menjalankan program diet. Buah ini memiliki kandungan lemak, sodium dan kalori yang rendah.Walaupun rendah kalori dan juga lemak Buah markisa juga kaya akan karbohidrat dan gula alami yang dapat secara cepat meningkatkan stamina anda setelah lelah beraktifitas.
22. Mencegah Cacat Pada Bayi

Buah markisa juga mengandung asam folat yang sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi janin terutama untuk mencegah cacat pada saat lahir nantinya.

23. Menjaga Kesehatan Mental dan Otak

Kandungan Asam folat pada markisa selain bermanfaat untuk janin juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental dan otak, juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sirkulasi.

Buah ini juga sebagai sumber beberapa vitamin  khususnya vitamin C dan vitamin A, dan antioksidan. Penelitian invitro di University of Florida juga mendapati bahwa ekstrak buahnya yang kuning banyak mengandung fitokimia yang mampu membunuh sel kanker.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More