Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

10 Manfaat Bunga Kemuning Bagi Kecantikan dan Pengobatan

Bunga kemuning merupakan tanaman tropis yang sarat dengan manfaat kesehatan dan kecantikan. Adanya sejumlah zat kimia di dalam daun dan akarnya, membuat tumbuhan ini layak digolongkan ke dalam tanaman obat-obatan. Dalam pengobatan, daun kemuning dapat digunakan untuk mengatasi penyakit eksim, keputihan, kolesterol tinggi, dll. Kemuning juga memiliki manfaat untuk kecantikan seperti penurun berat badan, dan penghalus kulit.

10 Manfaat Bunga Kemuning Bagi Kecantikan dan Pengobatan
Nama ilmiah untuk bunga kemuning adalah Murraya paniculata, di mana bunganya dapat muncul sepanjang tahun. Daun kemuning sekilas mirip dengan daun jeruk, tetapi ukurannya lebih kecil.

Bunganya berbau wangi, sehingga tidak jarang tanaman ini dijadikan sebagai pagar rumah. Bunga kemuning berwarna putih, tidak jauh berbeda dari melati. Sedangkan buahnya berwarna merah, hingga oranye ketika matang.

Bunga kemuning juga sering dijadikan sebagai bonsai, sehingga dapat dipandang keindahannya. Habitat tanaman ini adalah hutan atau semak, di mana tinggi pohonnya dapat mencapai tujuh meter. Namun kecantikan bunga kemuning telah menyita perhatian bagi banyak orang, sehingga bunga ini sering terlihat di pot-pot yang indah.

Kandungan daun kemuning

Zat kimia yang ada di dalam daun kemuning seperti tanin, cadinene, murralonginal, bisabolene, carene-3, paniculatin, coumurrayin, dll. Daun kemuning rasanya pahit, pedas, dan hangat.


10 Manfaat Bunga Kemuning Bagi Kecantikan dan Pengobatan


Hampir semua bagian dari tanaman ini dapat digunakan sebagai obat, seperti daun, akar, dan kulit batangnya. Nah, di bawah ini adalah manfaat daun kemuning untuk pengobatan:

1. Meredakan sakit gigi

Tidak hanya mengganggu aktivitas sehari-hari, sakit gigi juga dapat merusak suasana hati. Nah, untuk mengobati sakit gigi secara alami, anda dapat menggunakan bunga kemuning.

Caranya, gores kulit batang kemuning untuk mendapatkan minyaknya. Panaskan minyak alami ini dengan api kecil selama beberapa saat. Teteskan minyak ini pada gigi yang berlubang dan gusi yang bengkak.

2. Menghancurkan batu ginjal

Untuk meluruhkan batu ginjal, haluskan 30 gram daun kemuning ke dalam blender yang berisi 150 ml air. Setelah disaring, airnya segera minum sampai habis. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari.

3. Mengobati infeksi saluran kemih

Cuci dan rebus 35 gr daun kemuning bersama 3 gelas air. Biarkan mendidih dan airnya menyusut separuhnya. Setelah airnya menjadi dingin, saring dan minum di pagi, siang, dan malam hari, masing-masing ½ gelas.

4. Mengatasi haid tidak lancar

Banyak wanita mengalami menstruasi yang kurang lancar. Cobalah menggunakan ramuan alami untuk mengatasi masalah kesehatan ini. Ambil ½ genggam daun pacar kuku (Lawsonia inermis), 1 jari rimpang temulawak, dan ½ genggam daun kemuning. Cuci semua bahan, kemudian diiris-iris. Rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa segelas saja. Saring dan minum airnya setalah dingin di pagi dan malam hari, dengan takaran ½ gelas.

5. Meredakan nyeri akibat rematik

Untuk menghilangkan nyeri karena gejala rematik, cobalah cara alami. Potong-potong akar tanaman tembelekan (Lantana camara) dan akar kemuning. Siapkan juga 3 pasang kaki ayam. Setelah semua bahan dicuci, potong-potong ketiganya. Semua bahan direndam dalam mangkuk aluminium berisi air, masukkan ke dalam panic berisi air. Rebus hingga mendidih selama beberapa menit. Minum airnya selagi hangat.

6. Mengobati bisul

Nyeri akibat bisul tentu sangat menyiksa. Untuk mengatasinya, ambil 30 gram akar kemuning kering kemudian cuci dengan air mengalir dan dipotong-potong. Selanjutnya rebus bersama 3 gelas air, hingga airnya menyusut 2 gelas. Setelah airnya menjadi dingin, saring. Minum airnya di pagi dan sore hari, masing-masing ½ gelas.

7. Mengobati memar

Giling daun kemuning dan daun kaca piring, kemudian rebus dengan air selama beberapa menit. Tempelkan ramuan ini pada kulit yang memar.

8. Menurunkan kadar kolesterol tinggi

Selain mengatur pola makan yang seimbang, kadar kolesterol yang tinggi dapat dikurangi dengan minum ramuan alami. Caranya, Rebus 20 gram daun kemuning bersama 3 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa segelas. Tambahkan 1 sdm madu murni, kemudian minum airnya. Lakukan cara ini, 3 kali dalam sehari.


Manfaat Daun Kemuning Untuk Kecantikan


9. Melembutkan kulit

Kulit anda kasar dan kusam? Gunakan bunga kemuning. Caranya, tumbuk 30 gram daun kemuning, setelah dicuci dengan air mengalir. Campur dengan segelas air bersih, aduk dengan merata. Terapkan pada kulit anda sebelum tidur malam, sebagai lulur.

10. Menurunkan berat badan

Bunga kemuning juga berguna untuk melangsingkan tubuh. Sediakan daun kemuning dan daun mengkudu, masing-masing sebanyak segenggam. Ambil juga ½ jari temugiring. Tumbuk semua bahan hingga lumat, tambahkan secangkir air matang kemudian aduk sampai merata. Peras dan saring, minum airnya di pagi hari sebelum sarapan.

Nah, itulah 10 manfaat daun kemuning untuk pengobatan dan kecantikan. Selain menggunakan cara di atas, anda harus menjalani gaya hidup sehat. Penuhi asupan gizi yang seimbang dan olahraga dengan teratur. Hindari semua kebiasaan buruk yang merugikan kesehatan tubuh.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More