Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

10 Manfaat Daun vanili Bagi Kesehatan

Mungkin banyak dari anda yang sering mendengar nama tanaman yang satu ini. Ya, daun vanili merupakan salah satu hasil kebun yang berasal dari tanaman dengan nama yang sama, yaitu tanaman vanili. Tanaman vanili merupakan salah satu jenis tanaman merambat, yang mudah untuk tumbuh, hampir di segala iklim. Pada jaman dulu, tanaman vanili sendiri sudah ditemukan oleh suku Indian yang mendiami daerah Meksiko, dimana mereka menemukan tanaman vanili ini pada daerah yang bernama paili atau juga sering dikenal dengan nama perneli.


Ciri-ciri Tanaman Vanili
Tanaman vanili sendiri memiliki batang yang berukuran kecil, karena berstruktur tanaman yang merambat, sehingga hanya memiliki batang kecil, yang kira-kira hanya sebesar jari kita. Daun vanili memiliki warna yang hijau dan terang, memiliki panjang sekitar 15 cm dengan bentuk daun yan memiliki ujung lancip. Tanaman vanili juga memiliki bunga, yang berukuran sekitar 4 – 8 cm dan memiliki wangi yang sedap
Daun vanili sendiri biasanya sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, terutama bagi kebutuhan manusia. Klasifikasi ilmiah daun vanili :
  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Ordo : Orchidales
  • Famili : Orchidaceae
  • Genus : Vanilla
  • Spesies : V. planifolia
Untuk mengenal lebih lanjut mengenai manfaat dari daun vanili dan, berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun vanili :
1. Sebagai campuran pada kue dan bahan makanan
Manfaat daun vanili yang pertama adalah dibuat menjadi ekstrak vanili dan juga dapat dicapurkan ke dalam bahan kue serta bahan masakan. Fungsi dar penambahan daun vanili ini bagi masakan dan juga kue kue adalah sebagai penambah aroma dan penambah cita rasa. Selain itu, biasanya daun vanili juga dapat dicampurkan dengan minuman, seperti coklat, teh dan minuman lainnya, yang tidak lain fungsinya adalah untuk memperkuat dan memperkaya cita rasa dari minuman tersebut.
2. Sebagai pewangi ruangan, dan pewangi pada bahan makanan
Daun vanili merupakan salah satu jenis dedaunan yang memiliki wangi yang khas. Bersama dengan bunga dan juga biji dari vanili, daun vanili biasanya diolah dan diekstraksi secara khusus untuk dijadikan bahan utama pewangi ruangan atau parfum mobil. Biasanya, beberapa pabriik parfum terkenal juga menambahkan aroma dari daun vanili untuk produk parfumnya, yang menciptakan wewangian yang khas dan sangat menarik siapapun yang menciumnya.
3. Sebagai aromaterapi
Selain dimanfaatkan sebagai parfum, wangi dari daun vanili juga sering dimanfaatkan untuk aromaterapi. Sudah banyak sekali jenis aromaterapi, dalam bentuk spray atau semprot dan juga lilin aromatherapy yang memanfaatkan daun vanili untuk diekstrak wanginya sebagai salah satu aromaterapi.
4. Anti inflamasi
Bagi kesehatan, apabila diolah dan dikonsumsi sendiri daun vanili memiliki manfaat kesehatan. Manfaat kesehatan yang pertama dari daun vanili adalah sebagai salah satu ramuan yang dapat mencegah peradangan, atau sering dikenal dengan istilah anti inflamasi. Dengan mengkonsumsi ramuan atau campuran dari daun vanili ini, maka tubuh kita dapat terhindar dari jenis-jenis peradangan, seperti radang tenggorokkan, radang usus, radang lambung, dan juga jenis peradangan lainnya yang kemungkinan dapat menyerang tubuh kita.
5. Sebagai antioksidan alami
Manfaat daun vanili juga memiliki peran yang amat sangat penting sebagai salah satu antioksidan alami. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat membantu menangkal radikal bebas, dan memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Dengan adanya antioksidan alami ini, maka tubuh kita kan terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah kanker, serta dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti elastisitas kult yang menurun, kulit kasar dan kusam serta manfaat kesehatan lainnya.
6. Dapat meredakan stress dan depresi
Dengan menggunakan daun vanili sebagai salah satu bahan dari aromatherapy, maka efek dan manfaatnya yang mudah dirasakan dengan cepat adalah efek relaksasi. Selain itu, dengan meminum ramuan yang dicampur dengan daun vanili, efek relaksasi itu akan semakin terasa.
Efek relaksasi yang ditimbulkan oleh daun vanili inilah yang sangat baik untuk membantu meredakan gejala stress, depresi dan juga gejala tertekan pada individu. Dengan kondisi tubuh yang menjadi lebih rileks, maka kondisi syaraf-syaraf menjadi lebih tenang dan santai, serta dapat mencegah munculnya kemabli stress serta depresi tersebut.
7. Mengurangi rasa mual, terutama bagi ibu hamil
Manfaat daun vanili juga yang baik utnuk ibu hamil. Apabila diolah bersamaan dengan biji vanilla, maka daun vanili dapat membantu untuk mengurangi rasa mual, terutama rasa mual yang dirasakan oleh ibu hamil.
Biasanya rasa mual yang sering dialami oleh ibu hamil ini merupakan salah satu gejala yang kita kenal dengan istilah morning sickness, dimana akan muncul rasa mual dan juga ingin muntah pada ibu hamil. Dengan memanfaatkan ramuan dari daun vanili dan juga biji vanilla, maka gejala ini dapat mereda dengan signifikan.
8. Memperbaiki sistem syaraf
Daun vanili juga memiliki manfaat yang sangat penting untuk menjaga dan juga memperbaiki sistem syaraf kita. Hal ini berhubungan erat dengan efek relaksasi, dimana sistem syaraf dan otot yang tadinya merasa tegang akan kembali menjadi rileks, serta dapat membuat individu merasakan ketenangan dan juga kenyamanan.
9. Menurunkan berat badan
Beberapa penelitian baru-baru ini juga mengatakan, bahwa daun vanili memiliki manfaat yang sangat baik dan juga penting untuk menurunkan berat badan. Jadi, bagi anda yang sedang berada dalam program diet khusus untuk menurunkan berat badan, cbalah untuk menjadikan daun vanili dalam salah satu daftar bahan campuran menu makanan anda untuk membantu memercepat menurunkan berat badan anda dengan sukses.
10. Meningkatkan fungsi otak
Manfaat lainnya dari daun vanili yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anda adalah untuk membantu meningkatkan fungsi otak dan juga fungsi kognitif. Dengan begitu, maka daun vanili dapat membantu anda untuk meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan juga efektif untuk meningkatkan kecerdasan anda.
Itulah beberapa informasi tentang daun vanili yang perlu anda ketahui. Semoga artikel mengenai daun vanili ini dapat memberikan dan juga menambah wawasan baru bagi anda.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More