Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Resep Ayam Bakar Taliwang

Tips Cara Membuat Resep Ayam Bakar Taliwang Yang Pedas, Enak, Empuk dan Lezat.

Seperti yang sudah kita bersama, hampir setiap daerah di negara kita mempunyai kekayaan kuliner sendiri sendiri. Walaupun bumbu yang digunakan hampir sama, tetapi tetap saja resep masakan daerah tersebut mempunyai ciri khas yang membedakannya. Salah satu yang akan kita coba hari ini adalah ayam bakar taliwang. Ya, resep ayam taliwang ini mempunyai citarasa khas yang membuatnya digandrungi oleh penggemar kuliner Indonesia. Citarasa pedas dikombinasikan dengan gurih dan bumbu ayam bakar khas dari Taliwang memberikan sensai rasa tersendiri dibandingkan dengan resep ayam bakar kalasan, ayam bakar sunda, ayam bumbu rujak atau yang lainnya. Buat teman teman yang memang menyukai citarasa pedas, kali ini kita akan memberikan resep cara membuat ayam bakar taliwang yang enak pedas dan nikmat untuk disajikan sebagai salah satu menu andalan keluarga.
Resep ayam bakar taliwang ini bisa dibilang memang tergolong baru muncul dan dikenal oleh sebagain besar dari kita. Tetapi sebenarnya, masakan ayam yang menggunakan bumbu ayam bakar taliwang ini sudah sangat terkenal dan digemari di daerah asalnya, yaitu Taliwang di Mataram Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Banyak juga yang menyebutkan bahwa resep taliwang ini berasal dari daerah Lombok. Mungkin ini dikarenakan banyak wisatawan yang mencicipi pertama kali masakan ayam dengan bumbu ayam bakar taliwang ini di daerah tersebut. Kalau mau meruntut lebih jauh, resep ayam taliwang ini pertama kali disajikan sebagai hidangan utama saat proses pendamaian antara Kerajan Selaparang dan Kerajan Bali.
Seperti juga resep masakan ayam bakar dari daerah lain, resep ayam bakar taliwang ini juga menggunakan berbagai rempah tradisonal khas Indonesia, seperti buah cabai, bawang merah, bawang dan yang lainnya. Kalau dilihat sekilas memang sama, tetapi komposisi dan jumlah bahan bumbu yang pas lah yang menjadikan ayam taliwang ini mempunyai citarasa yang khas dan unik berbeda dengan resep dari daerah lain. Selain itu, resep yang akan kita buat kali ini menggunakan sedikit terasi yang memberikan ciatrasa yang unik dan khas ayam bakar dari taliwang.
Seperti ayam bakar sunda, kalasan atau dari daerah lain, resep yang akan kita buat kali ini sebaiknya menggunakan ayam kampung. Selain dagingnya rasanya lebih gurih dan kesat, ayam kampung kalau dibakar juga mengeluarkan aroma sendiri dan lebih harum dibandingakn dengan ayam potong. Apalagi kalau ayam yang kita gunakan ayam kampung yang muda dan tidak terlalu tua. Dipadu dengan bumbu ayam bakar taliwang yang berasal dari rempah asli, yummy pasti resep ayam bakar taliwang ini bisa menjadi hidangan ayam bakar yang lezat dan enak buat seluruh keluarga. Oke, untuk yang sudah tidak sabar, silahkan melihat bumbu dan bahan apa saja serta langkah langkah cara membuat ayam bakar taliwang dibawah ini.

Bahan bahan Resep Ayam Bakar Taliwang Pedas Enak Empuk

  1. Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahan utama yang dibutuhkan adalah ayam kampung ukuran sedang (kurang lebih dengan berat 600 gram – 800 gram.
  2. Garam dapur secukupnya untuk melumuri ayamnya atau kurang lebih sebanyak 1.5 sendok kecil saja.
  3. Perasan air jeruk limau untuk menghilangkan bau amis ayam secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1.5 sendok kecil saja.
  4. Santan asli kurang lebih sebanyak 300 ml saja. Sebaiknya menggunakan perasan dari parutan kelapa (kurang lebih sebanyak 1/2 buah saja).
  5. Gula merah yang sudah disisir halus kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil. Bisa ditambahkan kalau memang suka manis.
  6. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera untuk bumbu ayam bakarnya atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  7. Minyak sayur secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan untuk menumis bumbunya.

Bahan bahan Bumbu Ayam Taliwang Bakar

  1. Buah cabai merah besar kurang lebih sebanyak 2-4 pcs. Bisa ditambahkan kalau memang suka pedas. Cuci bersih lalu potong potong supaya mudah saat akan dihaluskan.
  2. Buah cabai merah keriting secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 6-9 pcs. Cuci bersih lalu potong potong supaya mudah saat akan dihaluskan.
  3. Terasi kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1.5 sendok kecil saja.
  4. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 7 pcs. Kupas kulit bawangnya lalu potong potong supaya mudah saat akan diuleg.
  5. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 10 pcs. Kupas kulit luarnya lalu potong potong juga supaya mudah dihaluskan.
  6. Kemiri yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 5 pcs saja.

Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang Yang Mudah dan Praktis

  1. Langkah pertama belah ayam menjadi 2 bagian tanpa putus di bagian dada. Kalau suka, bisa juga dipotong potoong kecil menjadi 4-8 potong tergantung selera.
  2. Untuk menghilangkan bau amis, lumuri daging ayamnya dengan air perasan jeruk limau dan garam dapur beryodium secukupnya sampai rata dan semua bagian terkena. Biarkan sebentar atau kurang lebih selama 15 menit – 20 menit.
  3. Haluskan dengan cara manual atau diuleg bumbu bumbu taliwang diatas, seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai dan terasinya sampai benar benar halus.
  4. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri 2 sendok makan minyak goreng.
  5. Masukkan bumbu bumbu yang sudah dihaluskan diatas ke dalam penggorengan dan aduk aduk sampai tercium bau harum tumisannya.
  6. Tuang santan, gula merah yang sudah disisir dan garam dapurnya ke dalam penggorengan lalu aduk aduk sampai semua bagian tercampur rata dan mendidih. Cicipi dahulu dan tambahkan garam atau gula kalau diperlukan. Ingat, diaduk aduk terus jangan sampai santannya pecah.
  7. Masukkan daging ayam kampungnya ke dalam penggorengan diatas lalu aduk aduk kembali supaya semua bagan tercampur rata dan terendam. Kecilkan api dan masak sampai matang dan bumbu meresap ke dalam daging ayamnya lalu angkat.
  8. Kemudian bakar daging ayam tadi di atas bara arang atau alat lain sampai matang.
  9. Jangan lupa dibolak balik supaya tidak gosong dan diolesi sisa bumbunya supaya benar benar meresap ke dalam daging ayam. Angkat dan sajikan.
Selesai sudah cara membuat resep ayam taliwangnya. Ternyata tidak begitu sulit bukan dan mirip sekali dengan proses pembuatan resep ayam bakar dari daerah lain. Tetapi dengan bumbu bakar istimewa ternyata bisa menjadi satu menu yang unik dan sangat lezat.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More