Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Resep Ayam Betutu Asli Bali

Mungkin tidak semua orang pernah mencicipi kelezatan resep masakan ayam betutu kuah atau kering khas Bali ini. Tetapi kalau sudah pernah merasakannya, citarasa khas spesial dari bumbu rempah-rempah tradisional khas pulau Dewata pasti membuat semua orang ketagihan. Kalau melihat dari tampilannya, resep masakan Indonesia ini mirip sekali dengan ayam Taliwang yang sudah pernah kita bagi di resepnya sebelumnya. Memang kalau dilihat dari bumbu ayam betutu yang digunakan memang mirip dengan saudaranya dari Taliwang tersebut. Tetapi tetap ada perbedaan yang membuat resep ayam betutu Bali ini mempunyai citarasa yang khas sehingga banyak dicari orang. Buat teman-teman yang penasaran tidak perlu khawatir, cara membuat ayam betutu bumbu khas Bali ini ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan kok. Ada banyak variasi yang bisa dengan mudah kita buat, seperti ayam betutu basah, betutu kuah ataupun yang dioven khas Gilimanuk.
Walaupun resep awalnya merupakan warisan khas Bali, ternyata saat ini dengan mudah bisa kita temukan banyak penjual resep masakan ayam pedas ini disekitar kita. Tidak hanya di warung-warung, resep enak warisan tradisional ini bahkan disajikan sebagai menu andalan restauran-restuaran besar. Salah satunya yang cukup terkenal ada di Betutu Gilimanuk dan Ayam Betutu Tebet Ibu Putu. Tidak hanya dengan ayam, bumbu ayam betutu ini juga bisa kita kombinasikan dengan resep bebek betutu lho. Tetapi kali ini kita membuat resep ayam betutu saja ya. Soalnya menurut saya pribadi, cara membuat ayam betutu ini lebih praktis dan mudah. Selain itu waktu yang dibutuhkannya juga tidak selama memasak bebek.
Di daerah asalnya, ada dua macam resep masakan ayam betutu yang bisa kita buat. Resep pertama sedikit lebih ribet dikarenakan ayam atau bebek betutunya dibungkus dengan daun pisang bersama dengan resep bumbu betutu nya. Versi resep ayam betutu ini cukup kering dan lebih pedas karena tidak banyak mengandung air. Nah versi kedua adalah resep ayam betutu kuah basah. Dari namanya sudah kelihatan bukan kalau versi ini pas sekali buat teman-teman yang hobi masakan pedas berkuah. Nah yang model ini tidak perlu dibungkus dengan daun pisang. Cukup daging ayam atau bebek nya dimasak dan direbus bersama dengan bumbu khas Balinya. Untuk yang suka, bisa juga dipresto dengan panci tekanan tinggi sehingga daging ayam atau bebek betutu nya nanti benar-benar empuk dan lembut.




Seperti juga resep masakan ayam tradisional dari daerah lainnya, resep khas pulau Dewata ini juga banyak menggunakan buah cabai sebagai ciri khasnya. Sama seperti resep masakan ayam taliwang, aroma rempah-rempah dan rasa pedas mejadi daya tarik utama dari masakan ini. Penggunaan batang serai, kunyit, kemiri, daun jeruk dan yang lainnya. Tentu saja, walaupun kelihatannya bumbu ayam betutu Bali ini sama dengan resep lainnya, tetapi komposisi bahan dan jumlahnya berbeda sehingga citarasa yang dihasilkannya pun khas Bali. Selain itu cara membuat ayam betutu khas Bali juga berbeda dengan ayam taliwang, ayam balado, ayam bumbu rujak dan yang lainnya. Untuk yang sudah tidak sabar, dibawah kita berikan versi resep masakan ayam betutu kukus dengan daun pisang dan dioven yang merupakan versi aslinya.

Bahan Resep Ayam Betutu Gilimanuk Khas Bali

  1. Sesuai namanya, bahan utama yang digunakan adalah ayam segar ukuran sekitar 1 kg yang sudah bersih dari jeroannya. Bisa juga diganti dengan bebek dengan ukuran yang sama kalau suka. Bisa dimasakan utuh atau dipotong-potong sesuai selera.
  2. Batang sereh kurang lebih sebnayak 7 batang. Cuci bersih kemudian iris-iris halus.
  3. Daun jeruk segar kurang lebih sebanyak 10 pcs. Jangan lupa cuci bersih, buang tulangnya kemudian iris-iris halus juga.
  4. Daun salam kurang lebih sebanyak 6 pcs saja.
  5. Daun pisang yang sudah dilap bersih secukupnya untuk membungkus ayamnya. Kalau tidak ada bisa diganti dengan kertas aluminum foil saja.
  6. Daun singkong untuk bahan dalam ayam secukupnya kalau suka. Bisa dhilangkan kalau tidak suka.
  7. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera (bahan untuk lumuran ayam).
  8. Jahe sepanjang 2 cm yang sudah diparut (bahan untuk lumuran ayam).

Bumbu Ayam Betutu Bali Spesial

  1. Kemiri kurang lebih sebanyak 4 pcs. Disangrai terlebih dahulu sebelum dihaluskan supaya lebih wangi.
  2. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 siung saja.
  3. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 siung saja.
  4. Terasi kualitas bagus yang sudah dibakar sebentar kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  5. Kunyit ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 ruas jari orang dewasa saja. Sebaiknya kunyitnya dibakar sebentar sebelum dihaluskan.
  6. Ketumbar yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  7. Pala halus atau bubuk sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  8. Kencur ukuran kecil kurang lebih sebanyak 3 pc saja atau kurang lebih 1 pcs saja kalau ukurannya cukup besar.
  9. Lada halus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  10. Buah cabai merah secukupnya sesuai selera.
  11. Buah cabai rawit merah secukupnya sesuai selera.


Cara Membuat Ayam Betutu Khas Bali

  1. Setelah ayam yang digunakan dicuci bersih dengan air mengalir kemudian lumuri bagian dalam dan luar ayam dengan campuran garam dan jahe halus. Biarkan selama kurang lebih 30 menit supaya lebih meresap.
  2. Haluskan semua bumbu ayam betutu yang sudah kita persiapkan sebelumnya, seperti bawang merah, bawang putih, lada, kunyit, kencur dan lainnya sampai benar-benar halus.
  3. Siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya untuk menumis bumbu betutunya.
  4. Masukkan bumbu ayam betutu yang sudah dihaluskan kemudian aduk-aduk sampai rata dan tercium bau harum khas tumisan bumbunya.
  5. Masukkan irisan sereh, daun salam dan daun jeruk kedalam penggorengan kemudian aduk-aduk kembali kemudian sisihkan.
  6. Masukkan daun singkongnya kedalam wajan bersama dengan 1/3 bumbu tumisan diatas kemudian aduk-aduk sebentar kembali sampai rata.
  7. Ambil ayamnya kemudian masukkan daun singkong yang sudah ditumis diatas kedalam bagian dalam ayamnya. Setelah itu jahit supaya tidak meluber atau bisa juga ditusuk dengan lidi dibagian bawah ayamnya.
  8. Ambil daun pisangnya kemudian ambil sebagian bumbu ayam betutunya dan ratakan di bagian bawah.
  9. Letakkan ayam diatasnya kemudian tutupi kembali bagian samping dan atasnya dengan sisa bumbunya kemudian bungkus daun pisangnya dengan rapi (bisa menggunakan tali untuk mengikatnya).
  10. Masukkan bungkusan daun pisang berisi ayam diatas kedalam panci kukusan kemudian masak sampai ayam hampir matang dan bumbunya meresap (kurang lebih sekitar 50 menit sampai dengan 1 jam).
  11. Setelah itu siapkan loyang dan alasi dengan kertas aluminum foil dan letakkan daun pisang yang berisi ayam diatasnya.
  12. Masukkan kedalam oven panggangan dan masak sampai benar-benar matang (kurang lebih selama 45 menit sampai 1 jam).
  13. Setelah matang buka daun pisangnya dan siapkan di piring hidangan.
Seperti juga resep masakan ayam lainnya, resep masakan ayam betutu yang sudah kita berikan diatas lebih enak dan gurih kalau menggunakan ayam kampung. Tetapi kalau tetap menggunakan ayam potong juga bisa, asal benar-benar fresh dan masih segar. Kalau memang tidak ada daun pisang, resep ayam betutu khas Gilimanuk diatas bisa juga dimasak dengan mengguankan aluminum foil. Selain dikukus kemudian dioven, cara membuat ayam betutu dengan bumbu betutu diatas juga bisa dimasak dipanci presto atau direbus biasa.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More