Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

11 Manfaat Teh Chamomile bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat bunga chamomile kini dikenal oleh banyak orang. Chamomile adalah tanaman obat yang memiliki bunga mirip dengan aster, pada bagian inti berwarna kuning dan kuntumnya berwarna putih. Chamomile tergolong dalam keluarga bunga Matahari Asteraceae. Teh chamomile adalah ramuan alami yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

Daun chamomile berwarna hijau pucat. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat tradisional adalah batang, daun, dan bunga chamomile. Penyebutan nama tanaman ini berdasarkan aroma bunga yang mirip dengan buah apel. Tanaman ini hanya tumbuh pada satu musim.

Dengan minum teh setiap hari, maka banyak manfaat kesehatan akan diperoleh. Teh chamomile memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan, yang tidak dapat ditemukan pada teh biasa. Bunga chamomile telah digunakan sejak jaman Mesir kuno, untuk efek terapeutik.


11 Manfaat Teh Chamomile bagi Kesehatan dan Kecantikan


Di balik bentuknya yang cantik, ternyata teh chamomile (kamalia) memiliki kontribusi di dunia kesehatan dan kecantikan. Berikut manfaat teh chamomile selengkapnya:

1. Meredakan migrain

Teh chamomile juga efektif untuk meringankan nyeri akibat serangan migrain yang parah. Senyawa aktif di dalam teh ini membuat otot lebih rileks dan membuat tidur lebih baik. Gejala migrain yang dapat diatasi oleh chamomile termasuk flu, kecemasan, dan stres. 


2. Mengatasi sulit tidur

Teh chamomile dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi insomnia. Caranya, seduh bunga kamalia yang telah dikeringkan, bersama segelas air panas. Minum teh ini menjelang tidur malam, untuk meningkatkan kualitas tidur anda dan mengobati insomnia.

3. Mengobati eksim

Hasil penelitian yang pernah diadakan di Jerman menunjukkan bahwa teh kamalia efektif dalam mengurangi pembengkakan, dan melawan bakteri patogen. Penyakit kulit yang dapat diatasi oleh chamomile seperti cacar air dan eksim.

4. Mengatasi gangguan perut

Beberapa masalah perut yang berhubungan dengan gangguan pencernaan dapat diobati dengan konsumsi teh chamomile secara rutin. Bunga chamomile memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat, yang mampu meredakan kram perut, kenaikan asam lambung, dan gas lambung.

5. Membantu mengobati Wasir

Salep chamomile dapat digunakan untuk mengurangi gerakan usus pada penderita wasir.

6. Meningkatkan imunitas

Berdasarkan hasil penelitian, minum tiga cangkir teh chamomile dengan rutin setiap hari maka antibakteri yang disebut hippurate akan meningkat. Hal ini berarti sistem kekebalan tubuh meningkat secara signifikan.

7. Mengobati diabetes

Penelitian oleh Diabetes Research Centre, menunjukkan bahwa seseorang yang punya kebiasaan minum teh chamomile setiap hari akan mengalami kadar gula darah yang lebih stabil, tanpa mempengaruhi hormon insulin.


Manfaat Teh Chamomile bagi Kecantikan


8. Menyehatkan kulit

Teh chamomile memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan, dan anti-bakteri alami. Minum teh chamomile dengan rutin, akan berguna untuk meluruhkan racun dalam tubuh dan kulit. Sehingga kulit anda akan menjadi lebih sehat dan cerah.


11 Manfaat Teh Chamomile bagi Kesehatan dan Kecantikan
9. Menghilangkan kantung mata

Bunga kamalia mengandung zat aktif yang disebut azulene, yang bersifat pendingin bagi kulit dan mengurangi inflamasi. Sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan lingkaran gelap di bawah mata. Teh chamomile juga berguna untuk mengencangkan pembuluh kapiler di bawah permukaan kulit, sehingga meningkatkan elastisitas kulit.

Untuk mengatasi kantung mata, seduh teh chamomile bersama segelas air panas. Terapkan kantung teh yang telah didinginkan, pada kelopak mata bagian luar.

10. Mengobati jerawat

Teh chamomile juga dapat digunakan sebagai toner alami dan punya kemampuan dalam melawan jerawat, disebabkan oleh anti-inflamasi dan antibakteri di dalamnya. Untuk mengobati jerawat, seduh teh chamomile bersama air panas. Celupkan kapas ke dalam airnya, kemudian gunakan sebagai toner untuk membersihkan wajah.

11. Mengatasi ketombe

Teh chamomile adalah solusi alami bagi masalah ketombe. Bilas rambut anda dengan air rendaman chamomile. Pijat kulit kepala dengan lembut, kemudian biarkan selama 10 menit.


Cara Membuat Teh Chamomile


Untuk membuat ramuan herbal menggunakan chamomile, rebus bunga atau daun chamomile yang telah dikeringkan ke dalam panci berisi air. Setelah air mendidih, tambahkan 1 sdm bunga chamomile kering kemudian rebus lagi. Tambahkan madu atau jus lemon, untuk minum teh ini.

Nah, itulah 11 manfaat teh chamomile bagi kesehatan dan kecantikan. Minuman sehat ini baik untuk dikonsumsi setiap hari, terutama di pagi atau malam hari.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More