Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

16 Khasiat Bunga Abadi Edelweis Untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Edelweis atau yang lebih dikenal dengan bunga abadi ini memang sudah digunakan sejak dahulu kala sebagai salah satu pengobatan herbal yang kaya akan kegunaan. Manfaat Bunga Abadi Edelweis berfungsi sebagai diare, disentri, TBC, serta masih banyak lagi yang tentunya akan kami bahas satu persatu pada postingan kali ini. Oleh karena itu, baca sampai selesai ya... agar pengetahuan mengenai tanaman obat bisa lebih luas sehingga bisa dimaksimalkan.


16 Khasiat Bunga Abadi Edelweis Untuk Kesehatan

Bunga Edelweis (Nama Latin : Leontopodium Akinum) adalah sejenis bunga yang sangat terkenal dikalangan pendaki gunung. Karena memang habitat hidupnya banyak ditemukan pada daerah-daerah yang bersuhu dingin intinya hidup dengan baik pada dataran tinggi seperti pegunungan. Kenapa disebut dengan bunga abadi? Sebab bunga ini mempunyai kelebihan yang tidak akan gugur meski disimpan dalam jangka waktu relatif lama pada suhu ruangan dingin atau kering. Hal ini karena bunga edelweis mempunyai senyawa etilen yang berfungsi sebagai penekanan hormon sehingga bisa bertahan meskipun hingga 10 tahun lamanya.

Bunga Edeweis bisa tumbuh dengan baik pada ketinggian yang mempunyai tempat terbuka dan lembab. Sedangkan untuk memulai musim berbunga, tanaman ini butuh sekitar 5 tahun agar bunga mekar seutuhnya. Bunga ini sudah sangat familiar sejak jaman perang di Negara Swiss, dimana pada pemuda rela mati-matian untuk mendapatkan bunga ini sebagai salah satu simbol cinta atau kasih sayang kepada pasangannya. Dalam bahasa Jerman Edelweis berarti putih dan mulia hal ini memang sudah disesuaikan dengan warna bunga yang putih bercorak sedikit kekuningan. Adapula yang berwarna putih abu-abu, sedikit kehijauan, dan terdengar kabar bahwa ada pula yang berwarna merah, biru dan ungu.

Ekstrak dari bunga edelweis mempunyai kandungan senyawa fitokimia dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Sehingga secara tidak langsung jug berimbas sangat baik bagi dunia kesehatan ataupun kecantikan. Manfaat ini sebenarnya sudah lama digunakan, namun tidak begitu familiar karena mungkin orang berpikiran sangat tidak cocok jika bunga abadi ini dijadikan obat. Padahal anggapan itu sangatlah salah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami sudah merangkum beberapa daftar kegunaan bunga abadi sebagai obat.

16 Khasiat Bunga Abadi Edelweis Untuk Kesehatan :
  1. Kaya Akan antioksidan dimana kandungan ini sangat cocok untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit serta mengatasi radikal bebas yang berdampak buruk bagi kesehatan.
  2. Bersifat sebagai anti-inflamasi yang cocok untuk mengatasi radang atau pembengkakan pada tubuh.
  3. Bersifat anti-mikroba yang berkemampuan untuk membunuh jamur, bakteri dan juga virus merugikan.
  4. Obat herbal untuk menghentikan diare (murus.
  5. Mengobati disentri (BAB yang disertai dengan lendir dan nanah).
  6. Mengatasi penyakit difteri.
  7. Obat alami untuk menyembuhkan Tuberculosis (TBC).
  8. Meremajakan sel - sel kulit sehingga menjadi lebih muda dan segar.
  9. Melancarkan peredaran atau sirkulasi darah dimana cocok juga untuk mencegah hipertensi.
  10. Menyembuhkan batuk kering ataupun berdahak.
  11. Bersifat anti-kanker yang mencegah pertumbuhan sel tumor atau kanker dalam tubuh.
  12. Melindungi kulit dari sinar UV (UVA dan UVB) yang bisa merusak kulit.
  13. Mempercepat penyembuhan luka atau borok.
  14. Meredakan rasa sakit khususnya pada rematik dan nyeri persendian.
  15. Mencegah dan mengatasi iritasi.
  16. Menjaga kekencangan kulit dan menyamarkan keriput atau tanda-tanda penuaan lainnya.
Bagaimana cara menggunakan bunga edelweis sebagai obat?
Jika dirangkum dari berbagai sumber, untuk penggunaan luar (obat luar) biasanya bunga abadi dijadikan salep. Sedangkan untuk konsumsi bisa diseduh dan dijadikan teh.

Demikianlah artikel singkat mengenai 16 Khasiat Bunga Abadi Edelweis Untuk Kesehatan. Semoga yang kami tulis ini bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More