Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

6 Khasiat Bunga Arum Dalu Untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Arum Dalu atau dalam bahasa Indonesianya ialah bunga sedap malam mungkin hanya diketahui oleh sebagian orang saja. Padahal Manfaat Bunga Arum Dalu ini berguna untuk menenangkan pikiran, rematik, susah tidur (insomnia), serta masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu, untuk menambah wawasan seputar tanaman obat yang bisa kita jumpai pada lingkungan sekitar. Pada kesempatan ini kami akan memposting salah satu fungsi bunga yang bisa dijadikan obat.


6 Khasiat Bunga Arum Dalu Untuk Kesehatan

Arum Dalu (bunga sedap malam) dengan nama latin atau ilmiah Polianthes Tuberosa adalah sejenis tumbuhan hijau abadi yang tergolong dalam genus polianthes dan mempunyai nama panggilan berbeda pada setiap negara. Bahasa melayu memanggilnya Sundal malam, omixochitl (bunga tulang) pada bangsa Astek, India mengenalnya dengan sebutan Ratkirani (ratu malam), Singapura dikenal dengan Xinxiao (tempat ngengat hinggap), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bunga arum dalu terbagi dalam 12 spesies mempunyai umbi pada tanaman, dan diduga berasal dari Meksiko. Keunikannya yang merekah pada malam hari, serta aroma harum yang begitu menyengat, menjadikan bunga sedap malam digemari sebagai pengharum ruangan. Tidak hanya itu saja, ekstraksi minyak dari bunga ini menjadi salah satu bahan pembuatan parfum. Harum bunga sedap malam digambarkan dengan kriteria kompleks, eksotis, manis dan khas akan bunga.

6 Khasiat Bunga Arum Dalu Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat Anti-piretik yang ampuh untuk menurunkan demam atau suhu tubuh yang tinggi.
  2. Bersifat anti-inflamasi yang membantu mengatasi radang atau pembengkakan.
  3. Bersifat menenangkan dimana fungsinya menstimulasi otak kanan untuk lebih santai dan tenang.
  4. Mengatasi insomnia atau penyakit susah tidur.
  5. Meringankan gejala rematik serta mengurangi rasa nyeri pada persendian.
  6. Menyembuhkan influenza yang terkait dengan sistem pernafasan. Manfaat ini juga berpengaruh pada kelancaran bernafas sehingga tidak mudah terkena asma.
  7. dll
Manfaat lain dari bunga arum dalu ialah sebagai hiasan pengantin, bunga kuburan, dan pembuatan parfum dan juga aroma terapi pada ruangan. Kandungan senyawa pada bunga ini merupakan sapogenin yang mempunyai sifat sejuk, manis dan sedikit tawar.

Demikianlah artikel singkat mengenai 6 Khasiat Bunga Arum Dalu Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More