Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

5 Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan



Khasiat bunga rosella sedang menjadi buah bibir dikalangan pengobatan alternatif seperti manfaat sarang semut yang semakin populer. Itu sebabnya saat ini banyak beredar teh-teh kesehatan yang menggunakan manfaat bunga rosella. Bunga rosella adalah bunga yang berasal dari wilayah Afrika. Pada negara asalnya, bunga rosella yang berwarna merah, dibuat menjadi teh untuk minuman di musim dingin. Bunganya juga dapat dioleh menjadi selai di negara asalnya. Seiring berjalannya waktu, Manfaat bunga rosella dipercaya mampu menangani berbagai keluhan penyakit. Maka dari itu banyak yang membudidayakan bunga ini untuk dijadikan teh.
Manfaat Bungan Rosella Untuk Kesehatan
Seperti beraneka ragam tanaman herbal seperti manfaat kunyit, manfaat temulawak ataupun manfaat kencur, rosella mampu memberikan manfaat positif bagi yang sering dijadikan dalam bentuk teh rosella. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Sumber Antioksidan
Kandungan manfaat antioksidan pada kelopak bunga rosella terdapat pada swnyawa fenolik. kandungannya lebih besar empat kali ketimbang antioksidan pada manfaat daun kumis kucing. Senyawa lain pada antioksidannya seperti antosianin dan gossipetin memberikan perlindungan yang terjadi akibat penuaan seperti gejala penyakit diabetes, gejala penyakit jantung, sampai gejala kanker.
2. Pencegahan kanker
Kandungan zat yang ditemukan dalam bunga rosella, menghambat petumbuhan sel-sel kanker yang berbahaya pada tubuh. Kerusakan DNA pada sel dapat ditanggulangi dengan manfaat bunga rosella, seperti pencegahan pada gejala kanker darah (leukimia).
3. Meningkatkan Sistem kekebalan
Rosella dapat membantu tubuh kita untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Seperti kita ketahui, sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk mencegah penyakit. Dengan mengkonsumsi rosella, sistem kekebalan tubuh kita meningkat secara bertahap.Konsumsi teh rosella secara teratur di pagi hari.
4. Diet Alami
Bagi mereka yang kelebihan berat badan akan mengurangi berat badan, teh rosella adalah diet yang sempurna. Manfaat vitamin C dalam Rosella dapat membantu tubuh kita untuk melepaskan lemak dan kolesterol. Untuk menghilangkan berat badan, mengkonsumsi rosella di pagi hari dan pada malam hari sebelum tidur akan meningkatkan metabolisme. Ketika tubuh memiliki metabolisme yang baik, proses menurunkan berat badan lebih mudah sehingga dapat memiliki berat badan yang ideal lebih cepat.
5. Menurunkan Tekanan Darah
Tteh rosella bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk menurunkan tekanan darah. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan rosella yang membantu orang-orang dari masalah kolesterol. Ketika tekanan darah meningkat, metabolisme secara keseluruhan akan tergangg. Teh rosella mengontrol tekanan darah sehingga dapat bekerja dengan baik untuk menghindari masalah serius bagi kesehatan.
Pada ekstrak kelopak bunga rosella dapat menggantikan pemberian captopril pada penderita hipertensi. Pada terapi teh resolla yang mengkonsumsi selama 12 hari, terdapat penurunan tekanan darah sistolik mencapai 11,2 %.

Kandungan Dalam Bunga Rosella
Tnaman bunga rosella hampir selalu menghasilkan bunga disepanjang tahun, kecuali jika tanaman sudah cukup tua. Untuk penanamannya pun tidak memerlukan banyak hal yang terlalu merepotkan. Kita dapat membeli bibit tanamannya yang masih dalam polibag sampai agak sedikit besar, dapat dipindahkan ke tanah yang lebih luas karena pohonnya dapat mencapat sekitar 5 meter. Pada kelopaknya yang segar terdapat unsur seperti kalsium, karotena, thiamine, niacin, kalsium, riboflavin, protein, lemak dan air. Hal inilah yang menjadikannya baik untuk dikonsumsi. Manfaat bunga rosella yang hebat ini, dapat anda dapatkan dengan mengkonsumsinya secara teratur.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More