Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

22 Manfaat Daun Rosella Bagi Kesehatan dan Kandungannya

Mungkin ada yang belum pernah mendengar mengenai tanaman yang satu ini. Rosella merupakan salah satu jenis tanaman yang merupakan tanaman herbal, yang berasal dari afrika. Rosella sering dimanfaatkan sebagai tanaman herbal, mulai dari bunga, daun hingga akarnya, semuanya memiliki manfaat yang penting untuk pengobatan herbal.
Kebanyakan, daun rosella dapat diolah menjadi jenis teh herbal, yang dapat ditemui di supermarket serta toko retail besar. Teh rosella biasanya dapat dibuat dengan menggunakan daun dan juga bunga dari rosella, sehingga dapat menimbulkan rasa yang khas dan juga dapat memberikan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh kita.
Kandungan Daun Rosella
Daun rosella sendiri memiliki banyak sekali kandungan gizi dan juga mineral yang penting untuk tubuh kita. Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang terdapat pada manfaat daun rosella :
1- Vitamin D
Vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang anda dan juga dapat menjadi “sahabat” baik bagi kalsium dan fosfor. Hal ini dapat membantu memperbaiki dan menjaga konstruksi tulang, dan dapat mencegah berbagai macam gangguan yang berhubungan dengan tulang anda, seperti pengeroposan dan juga pengapuran tulang.
2- Vitamin B1
Vitamin lainnya yang ada dan terkandung pada daun rosella adalah vitamin B1. Vitamin yang dikenal dengan nama Thiamine ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mata dan juga dapat menjadi salah satu sumber energy bagi tubuh anda.
3- Vitamin B2
Kandungan lainnya dari manfaat daun rosella adalah Vitamin B2. Vitamin B2 dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.
4- Vitamin C
selain berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, vitamin C juga sangat baik untuk menjaga daya tahan dan juga imunitas tubuh. Hal ini akan membuat tubuh kita menjadi lebih sulit terserang penyakit, seperti influenza dan penyakit ringan lainnya.
5- Beta karoten
Beta karoten merupakan kandungan lainnya yang terdapat pada daun rosella yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Beta karoten memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, antara lain dapat mencegah kanker dan juga dapat membantu memperbaiki masalah pada sistem pernapasan.
6- Kalsium
Anda semua pasti sudah mengetahui apa saja manfaat dari kalsium. ya, kalsium memiliki manfaat yang sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan tulang anda. selain itu, dapat juga membantu mencegah munculnya berbagai macam penyakit dan kelainan tulang, seperti pengeroposan dan juga pengapuran.
7- Zat besi
Zat besi merupakan salah satu jenis zat dan mineral yang sangat penting untuk melancarkan peredaran darah, serta dapat membantu proses penyembuhan luka. Selain itu, zat besi juga mampu untuk mencegah munculnya anemia.
8- Potasium
Potassium dapat memberikan efek yang mengenyaangkan, selain itu, potassium jga dapat membantu memberikan energi bagi tubuh kita. Potassium dapat menjadi salah satu pengganti karbohidrat.
9- Omega 3
Omega 3 merupakan salah satu jenis antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Selain baik untuk menangkal radikal bebas, omega 3 juga sangat baik untuk pertumbuhan anak – anak.
10- Air
Air merupakan salah satu mineral yang sangat penting untuk tubuh kita. Apabila tubuh kita kekurangan air maka yang terjadi adalah dehidrasi, yang memiliki banyak sekali gejala dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan, seperti :
  • Pusing
  • Tidak fokus
  • Bibir kering dan pecah-pecah
  • Tubuh terasa lemas
11- Protein
Manfaat daun rosella memiliki kandungan protein. Berikut in iadalah beberapa manfaat dari protein bagi tubuh kita :
  • Membantu mengikat lemak
  • Meningkatkan massa otot
  • Meningkatkan kekuatan dan ketahan tubuh
  • Dapat membantu memproduksi enzim dan hormon
12- Lemak
Jangan anggap lemak merupakan salah satu kandungan yang harus dihindari. Tubuh tetap membutuhkan asupan lemak. Hanya saja asupan lemak yang berlebihan memang tidak baik untuk tubuh, karena dapat menyebabkan obesitas dan menjadi sarang penyakit.
Itu adalah kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh kita yang terkandung pada daun rosella. Secara umum, daun rosella sendiri memiliki beberapa manfaat.

Manfaat Daun Rosella
Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun rosella :
1. Dapat mengobati penyakit batuk
sponsored links
Bagi anda yang mengalami sakit tenggorokan dan juga sakit batuk, anda dapat memanfaatkan rebusan dari daun rosella dan juga bunga rosella yang dicampur dan juga direbus. Yang perlu anda lakukan hanyalah meminum hasil rebusan dari campuran daun rosella dan bunga rosella.
2. Sebagai obat hipertensi atau tekanan darah tinggi
Bagi anda yang memiliki gangguan pada tekaan darah tinggi alias hipertensi, anda dapat mencoba untuk memanfaatkan daun rosella ini. Daun rosella secara alami mampu untuk mencegah dan juga menurunkan tekanan darah.
3. Anti kanker
Daun rosella juga merupakan salah satu pengangkal dan pencegah kanker alami. Kandungan vitamin dan juga antioksidan dapat membantu mencegah dan juga menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Jadi, singkatnya daun rosella dapat membantu untuk mencegah kanker yang merupakan salah satu penyakit berbahaya.
4. Dapat menyembuhkan batu ginjal
Rebusan daun rosella juga sangat bermanfaat untuk membantu menyembuhkan batu ginjal. Batu ginjal dapat berakibat buuk bagi kesehatan pencernaan anda dan harus segera dilakukan penanganan serius untuk mengobati penyakit tersebut.
5. Menyembuhkan penyakit kulit
Beberapa penyakit kulit, seperti gatal-gatal dan juga iritasi kulit juga dapat disembuhkan dengan menggunakan rebusan dari manfaat daun rosella. Gunakan daun rosella yang sudah dihaluskan.
6. Baik untuk proses pencernaan
Serat yang tinggi juga sangat penting dalam membantu melancarkan proses pencernaan tubuh anda. hal ini dapat membantu mencegah terjadinya berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, seperti sembelit dan juga diare.
7. Membantu untuk menyaring racun di dalam tubuh
Daun rosella juga sangat baik untuk membantu menyaring racun di dalam tubuh anda. hal ini dapat membantu kerja hati, dan dapat mencegah terjadinya berbagai macam gangguan yang muncul pada organ hati.
8. Sebagai obat diabetes
Daun rosella dapat membantu untuk mengatur kadar gula darah di dalam tubuh, sehingga sangat baik untuk anda yang mengalami diabetes, karena gula darah di dalam tubuh anda dapat terkontrol dengan baik.
9. Sebagai obat asam urat
Daun rosella juga sangat baik untuk mengobati penyakit asam urat. Daun rosella juga dapat menghilangkan gejala – gejala dari asam urat, seperti rasa sakit dan perih pada persendian.
10. Meningkatkan vitalitas dan juga daya tahan tubuh.
Manfaat lain dari daun rosella yang penting untuk tubuh adalah mampu untuk meningkatkan stamina dan juga vitalitas bagi para pria.
Itulah beberapa manfaat dan juga kandungan alami dari daun rosella. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More