Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

10 Manfaat Bunga Pepaya untuk Kesehatan dan Pengobatan


Tahukah anda jika semua bagian pepaya dapat bermanfaat? Ya, dari mulai akar, daun, buah, getah hingga bunga pepaya memiliki manfaat. Manfaat daun pepaya atau buahnya sudah amat dikenal oleh masyarakat Indonesia, namun siapa sangka bunga pepaya juga dapat dikonsumsi dan berguna bagi kesehatan. Bahkan, tidak banyak yang mengetahui jika bunga pepaya ini dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu.
Kandungan Gizi Bunga Pepaya
Khasiat bunga pepaya, terletak di dalam kandungan gizinya yang melimpah. Di dalam setiap 100 gram bunga pepaya, terdapat:

Kandungan Nilai Gizi
Energi 45 kkal
Protein 2,6 gr
Lemak 0,3 gr
Karbohidrat 8,1 gr
Kalsium 290 mg
Fosfor 113 mg
Zat Besi 4,2 mg
Vitamin A 0 IU
Vitamin B1 0,01 mg
Vitamin C 23,3 mg
Berbagai kandungan gizi yang terdapat di dalam bunga pepaya mungkin masih tidak cukup untuk membuat bungan pepaya ini dikonsumsi, karena tidak suka akan rasanya yang pahit. Padahal khasiat bunga pepaya yang kita dapatkan setelah mengkonsumsi, akan membuat anda melupakan rasa pahitnya, seperti berikut ini :
1. Melancarkan Sistem Pencernaan
Kandungan dalam bunga pepaya seperti tannin membantu organ-organ pencernaan di dalam tubuh, untuk melakukan fungsinya dengan optimal. Kandungan gizi di dalam bunga pepaya yang membantu fungsi organ pencernaan ini, akan membuat metabolisme tubuh pun menjadi lebih lancar.
2. Memperbaiki Nafsu Makan
Jika anak sedang mengalami kesulitan makan, bunga pepaya bisa digunakan sebagai obat untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang. Penggunaan bunga pepaya untuk tujuan ini, sudah banyak dilakukan sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Dan hasilnya pun terbukti sangat ampuh untuk membuat nafsu makan kembali.
3. Menangkal Radikal Bebas
Di dalam bunga pepaya mengandung unsur yang berperan sebagai manfaat antioksidan. Antioksidan sendiri berguna untuk menangkal masuknya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Radikal bebas yang berasal dari polusi yang terjadi di lingkungan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang dapat merugikan kesehatan.
4. Melancarkan Peradaran Darah
Jika mengalami penyakit tekanan darah tinggi, tembahkan bunga pepaya pada menu makanan secara teratur, bisa membantu untuk menormalkan kembali tekanan darah. Kandungan yang ada di dalam bunga pepaya sangat bermanfaat untuk mengatur sirkulasi darah di dalam tubuh, serta melancarkan kembali peredaran darah, yang juga di dapat dari :
5. Menjauhkan dari Penyakit Kanker
Manfaat senyawa flavanoid dan antioksidan yang terdapat di dalam bunga pepaya dapat berfungsi untuk menangkal dan mencegah masuknya radikal bebas di dalam tubuh sebagai penyebab macam-macam kanker. Flavonoid dan antioksidan juga mempunyai fungsi lain yakni untuk menjaga kestabilan sistem imun tubuh kita.
6. Mengobati Diabetes
Bunga pepaya dipercaya dapat membantu menurunkan kadar insulin di dalam tubuh sebagai penyebab utama seorang mengalami diabetes. Meskipun demikian, belum ada penelitian yang secara ilmiah menunjukan bahwa bunga pepaya memang bisa menyembuhkan diabetes. Namun orang-orang jaman dulu banyak yang mengkonsumsi bunga pepaya ini, guna mengontrol kadar dula di dalamnya.
Seperti manfaat buah-buahan alami, manfaat bunga pepaya ini termasuk juga untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Karena banyak dirasakan perubahan yang lebih baik setelah mengkonsumsi bunga pepaya.
Dr. Shika Sharma, seorang dokter di sebuah institusi kesehatan juga mengamini hal tersebut, dan mengungkapkan jika memang bunga pepaya mengandung banyak vitamin dan unsur-unsur yang dapat berfungsi untuk menyembuhkan.
7. Menurunkan Berat Badan
Bunga pepaya seperti manfaat buah pepaya juga mengandung serat, vitamin A, B dan C yang cukup, walaupun tidak sebanyak pada buahnya. Bunga pepaya memiliki manfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Makanlah bunga pepaya secara teratur yang diimbangi dengan pola hidup sehat, maka berat badan pun akan menjadi seperti yang diimpikan.
8. Menurunkan Kolesterol
Bunga pepaya juga terbukti kaya akan folat dan antioksidan yang juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk menurunkan kolesterol. Dengan mengkonsumsi bunga pepaya, tubuh akan menambah asupan folat serta antioksidan yang dapat melawan kolesterol jahat di dalam tubuh.
9. Mencegah Penyakit Stroke
Kandungan di dalam bunga pepaya dengan tingkatan yang tinggi, sangat berguna untuk sebagai pencegahan penyakit stroke yang dapat diakibatkan oleh buruknya sirkulasi darah di dalam tubuh.
10. Mencegah Serangan Jantung
Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, manfaat bunga pepaya mengandung sejumlah zat yang bisa membantu melancarkan peredaran darah. Hal ini selanjutnya akan membantu jantung tetap sehat, serta bisa mencegah serangan jantung.
Dalam bagian ini akan dijelaskan mengenai cara atau saran penyajian bunga pepaya agar dapat anda rasakan manfaatnya. Hampir semua orang mengetahui jika bunga pepaya memiliki rasa yang sangat pahit, sehingga walaupun khasiatnya banyak, banyak orang yang enggan untuk mengkonsumsi bagian dari pepaya ini.
Nah, di bawah ini akan dijelaskan cara mengolah bunga pepaya agar tidak pahit bahkan dapat menjadi olahan masakan yang sangat lezat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: :
  • 250 gr bunga pepaya
  • 50 gr teri rebus
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah cabe merah, atau bisa disesuaikan. Iris menyerong.
  • Cabe rawit, sesuaikan dengan selera anda. Iris kecil menyerong.
  • 1 sdm asam jawa
  • Air dalam takaran secukupnya
  • Cuci bunga pepaya hingga bersih.
  • Untuk menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya, siapkan panci, masukan air lalu biarkan hingga mendidih. Kemudian, masukan asam jawa beserta bunga pepaya. Biarkan beberapa saat, namun tetap perhatikan. Jangan sampai bunga pepaya menjadi terlalu masak.
  • Siapkan wajan. Tumis bumbu – bumbu yang sudah disiapkan tadi.
  • Jika sudah keluar aroma harum dari bumbu, masukan rebusan bunga pepaya.
  • Tambahkan sedikit air pada tumisan bumbu dan bunga pepaya.
  • Biarkan bumbu meresap ke dalam bunga pepaya.
  • Masukan teri, aduk. Tambahkan lagi sedikit air. Biarkan beberapa saat.
  • Tumis bunga pepaya tanpa rasa pahit pun siap untuk disajikan.

Masyarakat Suku Maya di Amerika bahkan percaya bahwa pepaya merupakan ‘pohon kehidupan’ atau mereka menyebutnya dengan istilah ‘tree of life’. Dari istilah terebut saja, kita bisa mendapatkan kesimpulan jika pohon pepaya ini bisa mendatangkan manfaat bagi kehidupan. Lalu, kenapa tidak kita mencoba untuk mengolahnya menjadi makanan karena pepaya di Indonesia, sangat mudah untuk dijumpai.
Pepaya merupakan tanaman buah yang hidup subur di iklim tropis. Di Indonesia, pepaya dapat dengan mudah kita jumpai. Pepaya sendiri dapat berbuah tanpa mengenal musim. Untuk bunganya, bunga pepaya memiliki bentuk seperti terompet, ukurannya kecil dan warnanya putih dan kekuning – kuningan, dan juga terdapat tangkai pada bunga pepaya ini. Sedangkan untuk rasanya, bunga pepaya memiliki rasa yang pahit seperti halnya dengan rasa pada daun pepaya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More