Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

7 Tips ini Bisa Menjaga Kesehatan Hati

SUDAH banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan jantung, paru-paru maupun tulang. Sayangnya, jika sudah menyangkut kesehatan liver atau organ hati, banyak orang yang masih belum tahu cara menjaganya.
Padahal, jika liver Anda sudah terganggu, efek negatifnya bisa dirasakan seluruh tubuh.
Sebab, liver berfungsi untuk menyaring racun-racun yang masuk ke dalam tubuh, entah itu dalam bentuk makanan atau dihirup dari hidung.
Jika tidak bisa tersaring karena liver mengalami gangguan, otomatis racun akan dengan bebasnya mampir ke organ tubuh lainnya. Karena itu, jangan mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan liver. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan hati, seperti dilansir laman Care2, Minggu (6/11).
1. Makan buah-buahan dan sayuran.
Hati atau liver membutuhkan sejumlah vitamin dan mineral tinggi untuk melakukan banyak fungsi. Diet Anda harus tinggi dalam buah-buahan, sayuran dan makanan kaya serat.

2. Hindari aditif.
Hati Anda harus menyaring makanan tambahan. Menghilangkan makanan olahan, makanan aditif buatan, makanan yang mengandung pewarna dan pengawet.
Tujuannya untuk memberikan hati Anda istirahat.

3. Fokus pada makanan segar.
Makan banyak wortel segar dan bit, yang keduanya merupakan alat pembersih hati kuat dan makanan pembangunan kembali.
Selain itu, makan banyak makanan hijau. Klorofil, yang memberi warna hijau pada tumbuhan membantu membersihkan hati.

4. Makan biji.
Cobalah untuk makan dua sendok makan biji rami. Biji ramai mengikat hormon reseptor, mencegah kelebihan hormon, termasuk xenoestrogens sintetis dari plastik dan bahan kimia lainnya yang beredar dalam aliran darah Anda.
Salah satu dari 500 pekerjaan hati adalah untuk menyaring kelebihan hormon. Dengan makan biji rami dan minyak rami, Anda membantu fungsi organ ini lebih efektif.

5. Herbal.
Ada banyak herbal yang membantu memperkuat hati, termasuk milk thistle, akar dandelion, dunia artichoke, kunyit, slippery elm, celandine, balmony, barberry, akar hitam, boldo, kulit kayu fringetree, vervain dan wahoo.

6. Batasi asupan gula.
Secara signifikan kurangi konsumsi gula halus dan menghindari pemanis sintetis sama sekali.

7. Mengonsumsi makanan yang kaya sulfur.
Makan banyak bawang putih dan brokoli. Makanan ini mengandung belerang yang diperlukan untuk meningkatkan aktivitas enzim dan meningkatkan pembersihan hati.
Tanpa tingkat yang memadai belerang, tahap kedua detoksifikasi hati tidak bisa mengimbangi pertama, yang berarti bahwa banyak racun bisa menjadi lebih berbahaya dalam tubuh Anda.
(fny/chi/jpnn)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More