Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

8 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kembang Kertas Untuk Kesehatan

Manfaat Kembang Kertas mungkin masih belum yang tahu. Padahal jika dipelajari lebih lanjut, kegunaan dan kebaikan bunga bugenvil ini sangatlah melimpah. Beberapa diantara khasiat bunga bugenvil atau kembang kertas diantaranya obat herbal untuk hepatitis, biang keringat, bisul, melancarkan haid, keputihan dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan serta pengetahuan, pada postingan kali ini kami akan mencoba untuk memberikan informasi yang terkait dengan fungsi bunga bugenvil bagi kesehatan.

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kembang Kertas Untuk Kesehatan

Kembang kertas atau yang lebih dikenal dengan bugenvil merupakan tanaman berbunga yang mempunyai batang kecil sehingga sulit untuk tumbuh tegak sehingga kebanyakan menjalar atau merambat pada media lain disekitarnya. Dengan masih tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae, kembang kertas mempunyai nama latin atau ilmiah dengan sebutan Bougainvillea Glabra. Keindahan bunganya yang berwarna-warni, banyak dari kalangan masyarakat menjadikan bunga ini sebagai tanman hias yang ditanam pada halaman rumah, taman, dan juga tempat-tempat umum terbuka lainnya. Warna bunga juga bervariasi, seperti yang sangat umum terdapat pada lingkungan sekitar diantaranya jingga, merah menyala, merah jambu, kuning, ungu, putih, dan merah pucat.

Kenapa bugenvil disebut dengan bunga kertas? Nah jika dikutip dari beberapa sumber, bunga ini disebut dengan kembang kertas karena seludang bunganya yang tipis dan menyerupai kertas. Karena bentuk bunga yang unik, banyak juga digunakan dalam hiasan penganten, rangkaian bunga, dan juga sebagai pewangi untuk mandi. Namun siapa sangka jika bunga yang berasal dari Amerika ini juga menyimpan kebaikan untuk kesehatan tubuh kita.

Apa saja kandungan senyawa pada bunga kertas?
Ada beberapa senyawa yang terkandung pada tanaman ini, zat tersebut diantaranya betanidin, isobetanidin, 6-o-P-Saphoroside, dan 6-o-Rhamnosysophoroside. Bunga ini mempunyai rasa yang sangat pahit dengan sifat farmakologisnya sebagai pelancar aliran darah. Sedangkan bagian tanaman yang sering digunakan sebagai obat ialah pada bagian batang dan bunga.

8 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kembang Kertas Untuk Kesehatan :
  1. Mempercepat penuaan bisul, dalam hal ini bisul akan lebih cepat tua dan sembuh.
  2. Bersifat pruritis yang bisa menyembuhkan gatal-gatal pada kulit.
  3. Membantu menyembuhkan biang keringat khususnya bagi anak-anak.
  4. Melancarkan haid atau menstruasi yang tidak teratur.
  5. Mengobati keputihan bagi kalangan ladies yang mempunyai masalah dengan organ kewanitaan.
  6. Mencegah penggumpalan darah dan mengurangi nyeri pada saat haid.
  7. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah, terkait juga untuk pencegahan hipertensi.
  8. Ramuan alami untuk menyembuhkan hepatitis (penyakit kuning).
Bagaimana Resep dan cara menggunakan kembang kertas untuk obat?
  • Bisul : Siapkan kembang kertas dan daun cocor bebek secukupnya. Cuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus. Untuk menggunakan cukup dipakai sebagai obat tapal yang dibubuhkan pada area kulit yang terdapat bisul.
  • Hepatitis : Siapkan sekitar 15gr batang bugenvil, cuci dan rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengah. Saring dan minum setiap hari selagi hangat.
  • Keputihan : Sediakan 15gr kembang kertas, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring dan minum 1x sehari.
  • Biang Keringat  dan gatal-gatal : Siapkan bahan seperti bunga bugenvil, lidah buaya dan daun sirih (masing-masing secukupnya). Rebus semua bahan hingga mengental kemudian angkat dan diamkan hingga dingin. Saring dan oleskan pada area kulit yang ingin diobati.
  • Haid tidak teratur : Rebus 15gr bunga kertas dan 15gr umbi rumput teki dengan 2 gelas air hingga tersisa separuh. Saring dan minum 1x sehari secara rutin.
  • Nyeri haid dan darah menggumpal : Siapkan 15gr bunga bugenvil, 15gr bunga mawar, dan 70gr daging lidah buaya. Rebus dengan 400cc air hingga tersisa 200cc. Minum 2x sehari masing-masing 100cc (setengah gelas).
Demikianlah ulasan mengenai 8 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kembang Kertas Untuk Kesehatan.  Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More