Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

6 Manfaat Daun dan Bunga Kitolod pada Kesehatan

kitolod adalah salah satu jenis tanaman yang cukup mudah untuk ditemui dan tumbuh liar di tempat lembab seperti selokan, pinggir sungai, pematang sawah atau sekitar danau. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Isotoma longiflora ini mengandung lobelin dan isotomin. Daun tanaman ini mengandung saponin, alkaloid, polifenol dan saponin. Kitolod dapat ditemukan di dataran rendah sekitar 1000 mdpl. Siapa yang sangka bahwa tanaman yang terabaikan ini terbukti memiliki efek untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti iritasi mata, sakit gigi, asma, hingga kanker!

Anatomi tumbuhan
Kitolod memiliki bunga berwarna putih yang muncul dari ketiak daun dan bertangkai panjang. Daun kitolod adalah daun tunggal berbentuk meruncing dan sedikit bergerigi. Batangnya tegak, menopang daun, bunga dan buahnya hingga 60cm, dan pada pangkalnya memiliki getah yang beracun. Perbanyakan tanaman dapat dilakukan secara vegetative (stek) dan generative (biji)

Manfaat
Masing masing daun dan bunga kitolod memiliki manfaat tersendiri, namun perlu diingat bahwa tanaman kitolod yang anda gunakan sebagai obat harus bersih dan terbebas dari penyakit, jangan gunakan kitolod yang berasal dari tempat yang kotor dan banyak sampahnya seperti selokan, selain itu perlu diingat bahwa pangkal batang kitolod mengandung racun dan harus anda hindari.
  1. Obat mata
Salah satu fungsi yang paling umum dari bunga kitolod adalah sebagai obat mata yang mengalami iritasi, penggunaan kitolod sebagai obat mata sudah terbukti aman secara ilmiah. Cara menggunakannya adalah ambil beberapa bunga kitolod hingga ke pangkal tangkai bunganya. Rendam bunga tersebut dalam air bersih selama beberapa menit, lalu teteskan air dari ujung tangkai bunganya ke mata anda sebanyak 2-3 tetes. Awalnya mata anda akan terasa perih dan sepat, ulangi hal ini sebanyak 3 kali dalam sehari.
  1. Sakit gigi
Sakit gigi dapat disembuhkan oleh tanaman kitolod khususnya daunnya. Caranya adalah tumbuk 2 lembar daun kitolod hingga halus dan letakkan ke dalam gigi yang berlubang. Cara ini sebenarnya hanya bertindak sebagai penghilang rasa sakit saja, untuk penyembuhan anda bisa melakukan pencabutan atau penambalan gigi.
  1. Asma dan radang tenggorokan
Daun kitolod seringkali digunakan untuk menyembuhkan asma, radang tenggorokan dan bronchitis secara tradisional. Caranya adalah dengan merebus 2-3 daun kitolod yang bersih, setelah itu airnya disaring dan diminum hingga 2 kali sehari.
  1. Kanker
Daun kitolod dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan kanker. Caranya adalah rebus 3 lembar daun kitolod yang masih menempel di batangnya (hindari pangkal batang) dalam 5 gelas air bersih, biarkan menguap hingga hanya menyisakan 1 gelas air dan minum 1 kali sehari. Karena rasanya tidak enak, anda tidak harus menghabiskannya dan dapat meminumnya sedikit demi sedikit.
  1. Antibiotik luka
Daun kitolod dapat berperan sebagai antibiotic alami untuk luka ringan seperti lecet atau robek. Cara penggunaannya sama seperti pada kasus sakit gigi, daun kitolod ditumbuk dan dibalurkan pada luka dan sekitarnya. Cara ini tidak dianjurkan untuk luka berat seperti luka sobek yang terlalu dalam karena jika daun tertinggal di dalam luka untuk waktu yang lama, dapat menyebabkan infeksi.
  1. Katarak
Katarak merupakan penyakit yang membutuhkan operasi medis untuk dapat disembuhkan dan dihilangkan. Namun siapa sangka bahwa tanaman kelas rendah seperti kitolod dapat menyembuhkan katarak, caranya adalah ambil selembar daun kitolod, patahkan tulang daunnya,tekan hingga mengeluarkan air dan campur airnya dengan 5 sendok makan air bersih. Teteskan ke mata yang mengalami katarak.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More