Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

10 Manfaat Bunga Lavender untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Lavender umumnya banyak digunakan sebagai pengharum seperti parfum pada produk-produk kesehatan dan kecantikan. Hal ini karena memang aroma yang ditimbulkan sangatlah khas dan juga dipercaya bisa mengusir nyamuk secara alami. Beberapa Manfaat Bunga Lavender yang bisa kita ketahui ialah sebagai obat insomnia, capek, penenang, stres, bau mulut dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi fungsi serta kebaikan yang bisa kita dapat. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan mengenai tanaman obat yang bisa kita dapat dari lingkungan sekitar. Kali ini kami akan membahas secara ringkas apa itu bunga lavender serta kegunaan bagi kehidupan sehari-hari.
Lavender, Lavendel, atau Lavandula (Nama Latin : Lavandula Angustifolia sinonim Lavandula officinalis) adalah sejenis tanaman berbunga yang tergolong dalam klasifikasi dari keluarga Lamiaceae. Bunga ini terbagi sekitar 25 hingga 30 spesies. Dulunya bunga lavender bisa ditemukan dan tumbuh secara liar, namun seiring berkembangnya zaman, tidak heran jika bunga yang mayoritas mempunyai warna ungu ini dibudidayakan guna memenuhi kebutuhan produksi berbagai jenis produk kosmetik dan parfum.

Ciri dan deskripsi bisa kita kenali dengan melihat gambar yang sudah kami sediakan diatas, namun untuk lebih terperinci, ada ciri khusus yang terdapat pada pertumbuhan yang membentuk semak dengan ketinggian mencapai rata-rata hingga 60cm. Terdapat rongga pada bagian batang, tumbuh tegak dengan tunas dan bercabang. Daun berwarna hijau keabu-abuan, lonjong meruncing yang menempel pada bagian bawah tanaman. Sedangkan bunga berwarna violet, ungu, biru yang menjulang tinggi diatas daun.

Apa saja kandungan senyawa pada bunga lavender? Pertanyaan ini mungkin saja tersirat dalam pikiran kita. Sebab tidak mungkin jika terdapat manfaat apabila tidak ditemukan senyawa pendukung didalamnya. Nah jika dirangkum dari berbagai sumber, kami menemukan zat yang terkandung pada tanaman berbunga ini. Beberapa senyawa tersebut ialah linalool asetat, camphene, alokasi-ocimene, monoterpene hidrokarbon, geraniol, limonene, nerol, dan lavandulol.

Berikut adalah 10 manfaat kesehatan bunga lavender, yang dapat Anda jadikan alasan untuk mencintai lavender, bintang dalam dunia herbal, dilansir dari beberapa sumber:

1. Meremajakan kulit

Sifat antiseptik dan antijamur dari lavender telah membantu dalam pengobatan masalah kulit selama berabad-abad lamanya. Aksi menyeimbangkannya yang membantu membersihkan jerawat, mencegah degenerasi jaringan, menenangkan psoriasis, dan membantu pembentukan jaringan parut.
Karena mengandung linalool dalam persentase yang tinggi, naturopath juga menggunakannya untuk mempromosikan penyembuhan luka, luka iris, luka bakar, dan sengatan matahari.

2. Memperkuat rambut

Anda bisa menjaga rambut mengkilap dan folikel tetap kuat melalui pijat teratur dengan minyak lavender. Lavender ditemukan dalam berbagai produk perawatan rambut, dan untuk alasan yang baik – ia dikenal mampu menyeimbangkan minyak kulit kepala dan meremajakan rambut dari akar sampai ke ujung.
Bahkan, beberapa studi menemukan bahwa lavender dapat mempromosikan pertumbuhan rambut kembali dalam kasus alopecia areata, suatu kondisi rambut rontok yang menyebabkan kebotakan.

3. Menghaluskan selulit

Kaki yang indah dapat dicapai dengan kekuatan bunga kecil ini. Lavender meningkatkan sirkulasi, warna kulit, mencegah stretch mark dan menghalau retensi cairan, sehingga membantu penampakan selulit.

4. Meringankan kecemasan dan insomnia

Bukti ilmiah menunjukkan bahwa aromaterapi dengan lavender mungkin efektif dalam menenangkan sistem saraf karena beberapa relaksan farmasi.
Ini terkenal untuk mempromosikan relaksasi dan meningkatkan kualitas tidur, dan bahkan digunakan oleh herbalist untuk memudahkan perubahan suasana hati dan depresi.

5. Mengurangi sakit kepala dan nyeri

Lavender terkenal di antara aromatherapist sebagai minyak pilihan untuk menghilangkan rasa sakit.
Pijatan lembut dengan minyak lavender tidak hanya mencairkan ketegangan tubuh, namun juga merupakan cara yang efektif untuk mengurangi rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri otot, sakit sendi, rematik dan keseleo.

6. Membantu membersihkan gangguan pernapasan

Jangan menghabiskan malam tanpa tidur karena batuk. Lavender memudahkan kejang otot, melawan infeksi, memudarkan nyeri, dan yang paling penting membantu Anda tidur.
Hal ini banyak digunakan untuk sejumlah masalah pernapasan termasuk batuk, infeksi tenggorokan, asma, hidung tersumbat, bronkitis, batuk rejan, dan radang tenggorokan.

7. Membantu pencernaan

Perut Anda memiliki banyak saraf seperti halnya otak Anda sehingga tidak mengejutkan jika lavender dapat menenangkan sistem pencernaan karena dapat menenangkan pikiran.
Sebagai antispasmodic dan obat penenang, lavender dapat bekerja pada ‘nervous stomach‘ (sakit perut) dan kram, serta membantu pencernaan dengan merangsang produksi asam lambung dan empedu.

8. Meningkatkan imunitas

Biasa menggunakan minyak lavender telah terbukti dapat meningkatkan ketahanan terhadap penyakit dengan menurunkan aliran hormon stress kortisol.
Kortisol menurunkan kekebalan Anda, yang membuat Anda lebih rentan terhadap pilek dan influenza selama masa stres.
Minyak lavender esensial tidak dianjurkan untuk wanita hamil atau menyusui.

9. Menyejukkan dan menenangkan

Aroma lavender membawa rasa tenang. Penelitian telah menunjukkan bahwa lavender memiliki sifat menyejukkan dan bahkan sedikit efek penenang ketika dihirup. Produk yang mengandung lavender baik untuk menyejukkan dan menenangkan bayi.

10. Menghilangkan ketombe

Minyak lavender dapat membantu kondisi kulit kepala.
Cobalah resep dari Francesca Fusco, M.D., seorang dermatolog yang berbasis di New York: Basahi rambut dengan air hangat dan keringkan dengan handuk. Selanjutnya, ambil cangkir dan campuran 15 tetes minyak esensial lavender dengan 2 sdm minyak zaitun atau minyak almond.
Masukkan dalam microwave selama sekitar 10 detik atau sampai terasa hangat. Pijat minyak ke kulit kepala, kenakan topi mandi, diamkan selama satu jam, lalu keramas. “Mungkin butuh beberapa kali perawatan untuk melihat manfaat,” catatnya.
(foto: whatscookingamerica.net)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More