Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

20 Manfaat Bunga Lili

Khasiat Manfaat Bunga Lili Kesehatan Kecantikan Obat Tradisional Herbal
Bunga Lili
Siang sahabat Ragam Alami, kali ini saya akan membahas tentang Khasiat dan Manfaat Bunga Lili. Pernahkah anda mendengar tentang tanaman Bunga Lili? Ya, sebagian dari kita mengenalnya sebagai tanaman hias, dan sering dimanfaatkan bunganya untuk dijual. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Lilium formosanum wall ini sangat suka tumbuh di daerah pegunungan. Ciri fisik dari tanaman ini antara lain yaitu : Batang Bunga Lili berumbi lapis, tidak bercabang, serta memiliki tinggi antara 0,5 sampai 1,3 meter. Daun Bunga Lili berbentuk lanset, pangkalnya menyempit, sedangkan ujungnya runcing. Bagian bunganya berbentuk corong, dan kebanyakan memiliki warna putih cerah. Namun, apakah anda sudah tahu kalau tanaman yang berasal dari Tiongkok dan Jepang ini mempunyai berbagai manfaat dan khasiat untuk kesehatan kita? Nah, di artikel kali ini, saya akan membahas Manfaat Bunga Lili untuk kesehatan kita, dan cara pengolahannya sebagai obat tradisional.
Kandungan Senyawa Bunga Lili
Tanaman Bunga Lili ini memiliki sifat kimiawi dan efek farmakologis berupa manis, dingin, dan agak pahit. Sedangkan kandungan senyawa yang terdapat pada tanaman Bunga Lili yaitu: Pati, Protein, Lemak, Flavonoid, Karotenoid, Polisakarida, Sapion, dan juga Colchicine. Nah, karena kandungan-kandungan tersebut, tanaman Bunga Lili sangat bermanfaat untuk kesehatan kita.

Manfaat dan Khasiat Bunga Lili
Setelah kita mengetahui kandungan senyawa yang tedapat pada tanaman Bunga Lili, sebenarnya apa saja sih manfaat dan khasiat dari Bunga Lili untuk kesehatan kita? Bunga Lili dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit berbagai macam penyakit ringan, seperti demam, pusing, jerawat, bisul, bengkak, suara serak, batuk, dan juga insomnia (susah tidur). Selain itu, tanaman ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang cukup berat, seperti lemah syaraf (Neurasthenia), amandel (Tonsilitis), batuk rejan (Pertussis), radang saluran pernafasan (Bronkhitis), sesak nafas, TBC, sakit lambung, diare, disentri, rasa sakit setelah melahirkan, dan bahkan bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit Radang Paru-paru (Pneumonia)!

Pengobatan Tradisional dengan Bunga Lili
Manfaat dari Bunga Lili sangatlah banyak, dan tak heran kalau tanaman ini sering dijadikan sebagai obat tradisional. Namun, bagaimana cara mengolah Bunga Lili sebagai obat tradisional dengan baik dan benar?

1.Mengobati Jerawat
Langkah pertama, siapkan umbi bunga lili secukupnya, kemudian giling sampai halus. Setelah itu tambahkan bedak beras dingin dan air secukupnya. Setelah itu, gunakan ramuan ini sebagai masker, dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilaslah dengan air hangat.

2.Mengobati Luka Bakar
Siapkan umbi bunga lili yang sudah kering, kemudian digiling. Setelah itu, tempelkan pada bagian tubuh yang terkena luka bakar.

3.Mengobati Lemah Syaraf dan Insomnia
Pertama-taman, siapkan 30 gram umbi bunga lili, 10 butir angco, serta 15 butir biji teratai. Kemudian rebuslah semua bahan diatas dengan 500cc air, sampai tersisa setengahnya. Baru setelah itu, saring dan minumlah air hasil saringannya. Anda juga bisa memakan angco dan juga biji teratainya.

4.Mengobati Bengkak dan Bisul
Siapkan umbi bunga lili secukupnya, daun seledri yang masih segar secukupnya, daun sendok yang masih segar secukupnya, serta gula pasir secukupnya. Tumbuk semua bahan tersebut sampai halus, kemudian tempelkan ramuan ini pada bagian tubuh yang sakit. Lakukan kegiatan ini secara teratur.

5.Mencegah dan Mengobati penyakit Amandel
Siapkan 15 gram umbi bunga lili yang sudah kering, 2 buah pisang yang sudah dikupas kulitnya, serta gula batu secukupnya. Rebuslah semua bahan tersebut dengan air secukupnya. Setelah itu, minum air hasil rebusan tersebut. Anda juga bisa memakan pisangnya.

6.Mengobati Pusing dan Neurasthenia (badan terasa lemah)
Siapkanlah 30 gram umbi bunga lili, 15 buah lengkeng, serta 15 butir angco. Rebus semua bahan tersebut dengan 600cc air, sampai tersisa setengahnya. Setelah itu, saring air rebusannya, dan minum airnya. Anda juga bisa memakan bahan-bahan lainnya.

7.Mengobati Batuk
Pertama-tama, seiapkan 10 gram umbi bunga lili, 10 gram lempuyang, 30 gram kencur, 20 gram jahe, dan juga 5 butir nkapulaga kencur. Kemudian rebus semua bahan tersebut dengan 600cc air sampai tersisa setengahnya. Minum ramuan ini selagi masih hangat. Lakukan aktivitas ini 2x sehari, yakni pada pagi dan sore hari.

8.Mengobati Suara Serak
Rebuslah 30-60 gram bunga lili dengan 600cc air. Setelah tersisa setengahnya, saring, lalu minum airnya.

9.Mengobati Radang Saluran Pernafasan (Bronkhitis)
Sediakan 15 gram umbi bunga lili, 30 gram daun kentut, serta 15 gram kulit jeruk mandarin/kapok yang sudah kering. Selanjutnya, rebus semua bahan tersebut dengan 400cc air sampai tersisa setengahnya. Saring, kemudian minum airnya selagi masih hangat.

10.Mengobati Bronkhitis yang disertai pendarahan
Siapkan 30 gram umbi bunga lili, dan 60 gram akar rimpang teratai. Kemudian rebus keduanya dengan 600cc air sampai tersisa setengahnya. Minum airnya selagi masih hangat.

11.Mengobati Batuk Rejan (Pertussis)
Rebuslah 15 gram umbi bunga lili dan gula merah secukupnya dengan 400cc air. Setelah tersisa 200cc, saring, dan minum airnya selagi masih hangat.

12.Mengobati TBC
Rebuslah 60 gram umbi bunga lili dengan 500cc air. Setelah tersisa setengahnya, minum air tersebut.

13.Mengobati Pneumonia (Radang Paru-paru)
Langkah pertama, siapkan 30 gram umbi bunga lili, 30 gram sambiloto yang masih segar, serta 30 gram daun lidah buaya yang telah dikupas. Rebus semua bahan tersebut dengan 600cc air sampai tersisa setengahnya. Kemudian saring, lalu minum airnya.

14.Mengobati Sakit Dada
Rebuslah 15-30 gram umbi bunga lili dan juga 20 gram lokio dengan 400cc air. Setelah tersisa setengahnya, saring, kemudian minum airnya.

15.Mengobati Asma (Sesak Nafas)
Pertama-tama, siapkanlah 30 gram umbi bunga lili, 15 gram umbi anggrek tanah, dan juga 15 gram kie cie. Rebus semua bahan tersebut dengan 600cc air sampai tersisa 300cc. Baru kemudian anda dapat meminum airnya, dan juga memakan kie cie nya.

16.Mencegah dan Mengobati Step pada anak-anak.
Cuci 3-9 kuntum bunga lili sampai bersih. Kemudian, rebus dengan air secukupnya. Baru setelah itu, anda bisa meminum airnya.

17.Mengobati Sakit Lambung
Siapkanlah 60 gram umbi bunga lili, serta 20 gram temulawak. Kemudian rebus semuanya dengan 600cc air sampai tersisa setengahnya. Selanjutnya saring, dan minum airnya.

18.Mengobati rasa sakit setelah melahirkan
Pertama-tama, siapkan 50 gram umbi bunga lili, serta 20 gram temu hitam. Rebus keduanya dengan 500cc air sampai tersisa 200cc. Selanjutnya saring, dan minum airnya.

19.Mengobati Diare dan Disentri
Siapkanlah umbi bunga lili secukupnya, dan patikan kebo secukupnya. Cucilah kedua bahan tersebut sampai bersih, baru kemudian rebus dengan air secukupnya. Minum airnya.

20.Mengobati Diare yang sudah kronis
Siapkan 60 gram umbi bunga lili, serta 15 gram kulit delima yang sudah kering. Rebus keduanya dengan 500cc air sampai tersisa setengahnya. Selanjutnya saring, dan minum airnya.

Untuk bisa mendapatkan kesembuhan atau hasil yang maksimal, maka rutinlah mengkonsumsi resep obat tradisional di atas sesuai dengan petunjuk ahli herbal. Sekian artikel mengenai Manfaat Bunga Lili, semoga bisa menjadi referensi bagi anda.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More