Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Khasiat Bunga Matahari sebagai tanaman obat

Manfaat dan Khasiat Bunga Matahari
Bunga matahari (Helianthus annuus) merupakan tanaman yang berasal dari Amerika utara dan sekitar tahun 1919 mulai ditanam dan dibudidayakan di Indonesia. Tanaman ini biasanya terdapat di daerah pegunungan dan juga pada daerah yang mempunyai tingkat kelembaban yang cukup dan mendapat sinar matahari secara langsung.

Mungkin mendengar bunga matahari, akan secara spontan ada dalam pikiran kita adalah kwaci. Ya, bunga yang mempunyai biji berupa kwaci ini selain diambil bijinya untuk dikonsumsi juga sering ditanam di pekarangan atau dikebun karena warna dan bentuk bunga dari tanaman ini yang cukup indah, menarik dan ada yang bilang bunga ini mempunyai bentuk dan warna yang lucu, dimana bunganya berwana kulit, satu kesatuan membentuk bulatan dan pada bagian tengah tempat biji melekat berwarna cokelat berbentuk bulat.

Tidak hanya keindahan yang akan diperoleh dari tanaman ini. Sifat dan kandungan kimia yang baik untuk tubuh menjadikan hampir seluruh tanaman ini bermanfaat bagi kesehatan ataupun berguna untuk pengobatan.


Kandungan kimia yang ada pada bunga matahari :
  • Pada bagian bunga mengandung helianthoside A, B dan C, quercumeritin, oleanolat dan juga echinocystat.
  • Pada bagian biji mengandung prostaglandin E, asam quinat, asam chlorogenic, sitosterol, benzopyrene dan phytin.
  • Pada 100 gram minyak biji bunga matahari mengandung lemak jenuh 9,8 gram, lemak tak jenuh linoleat 72,9 gram dan oleat 11,7 gram, sisanya mengandung kolesterol.

Manfaat bunga matahari :


Untuk pemakaian luar

Dapat mengobati rematik
Cara penggunaanya adalah dengan merebus kepala bunga matahari secukupnya dengan 15 gram jahe merah hingga mengental. Kemudian tambah sedikit air putih dan tempelkan pada bagian yang terkena rematik setelah ramuan dingin.

Dapat mengobati bisul
Cara penggunaanya dengan cara menyangrai secukupnya bunga matahari hingga berwarna cokelat. Lalu tumbuk sampo halus dan aduk dengan minyak wijen secukupnya. Tempelkan pada bagian yang terkena bisul.

Mengobati radang payudara
Cara peggunaanya dengan menumbuk halus hasil sangrai bunga matahari (bagian dasarnya saja). Aduk dengan tambahan minyak wijen secukupnya dan oleskan pada bagian yang sakit.


Untuk pemakaian dalam

Dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala
Cara penggunaanya dengan cara merebus bunga matahari, jahe merah secukupnya dan 1 telur ayam kampung yang masih utuh (tidak dipecah). Tunggu hingga air rebusan tersisa separuh dari takaran awal merebus. Setelah dingin saringlah air untuk mendapatkan bagian yang bersih. Minumlah 2X sehari setelah makan. Telurnya untuk dimakan.

Mengobati pusing
Cara penggunaanya adalah dengan menggiling biji bunga matahari yang sudah disangrai dan dikupas kulitnya. Setelah menjadi bubuk tambahkan gula pasir. Seduh ramuan tadi dengan air yang mendidih dan minum selagi hangat.

Dapat mengobati sakit gigi
Dengan cara merebus dasar bunga matahari dan jahe merah dengan air secukupnya hingaa mendidih. Minumlah ramuan ketika masih hangat.

Dapat mengobati batuk
Dengan cara mengambil bagian tengah bunga matahari yang masih segar. Rebus dengan gula batu dan minum ramuan secara teratur.

Dapat mengatasi asma atau sesak napas
Cara penggunaanya adalah dengan meminum secara teratur air rebusan bunga matahari dan jahe.

Dapat mengatasi tekanan darah tinggi
Cara penggunaanya adalah dengan merebus dasar bunga matahari, rambut jagung dan juga gula secukupnya. Tunggu sampai air rebusan hanya tinggal separuh. saring air rebusan dan minum ramuan selagi hangat.

Dapat mencegah penyakit kanker lambung
Dengan cara rajin meminum air rebusan bunga matahari yang masih segar.

Dapat mengatasi nyeri lambung, mag dan juga kembung
Caranya adalah dengan merebus 300 gram akar tanaman bunga matahari, 10 gram ketumbar, 10 gram adas dan kapulaga secukupnya. Saring dan minumlah ramuan ketika hangat.

Dapat mengobati sakit perut dan sakit pada ulu hati
Tumbuk akar tanaman bunga matahari yang sudah kering hingga menjadi bubuk halus. Seduh dengan air yang mendidih dan minum 3X dalam sehari.

Mengatasi susah BAB dan buang air kecil
Caranya dengan merebus akar tanaman bunga matahari yang masih segar, daun kumis kucing dan daun ubi jalar hingga air rebusan tinggal separuh. setelah dingin saring dan minum ramuan secara teratur.

Dapat mengatasi infeksi pada saluran kemih
Caranya dengan meminum secara teratur air rebusan akar tanaman bunga matahari, sambiloto dan daun sendok.

Mengobati sakit perut pada saat datang bulan
Cara penggunaanya dengan meminum secara teratur air rebusan bunga matahari yang masih segar dan gula merah secukupnya.

Mengatasi masalah keputihan
Dengan cara merebus bagian tengah batang bunga matahari dengan beberapa buah angco merah dan beberapa buah angco hitam. Saring dan minum air rebusan yang sudah disaring dan buah angconya untuk dimakan.

Mengatasi lemas setelah melahirkan
Caranya dengan merebus bagian tengah batang bunga matahari dan minum air rebusan secara teratur.

Mengatasi pendarahan
Minum air rebusan bunga matahari dan akar rimpang teratai 2X dalam sehari.

Mengobati penyakit hernia
Dengan cara meminum secara teratur air rebusan akar tanaman bunga matahari, biji jeruk dan biji mangga kering.

Penting !!!

Dilarang meminum air rebusan matahari pada wanita yang sedang hamil.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More