Pantai Gesing, Alternatif pantai indah di Gunungkidul ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Pantai Gesing, Alternatif pantai indah di Gunungkidul

Setelah kemaren saya share tentang keelokan Pantai Pok Tunggal dan Pantai Indrayanti, kali ini saya mau share pantai yang belum terlalu populer namun bisa menjadi alternatif kunjungan pantai di wilayah Yogyakarta. Yakni Pantai Gesing yang tepatnya beralamat di Padukuhan (Dusun) Panjolomulyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Pantai ini tidak seramai pantai-pantai lainnya di Gunungkidul karena daerahnya terpencil dan susah untuk menemukannya. Untuk plang penunjuk arahnya pun juga jarang kita temukan dalam perjalanan kesana. Sehingga membuat banyak wisatawan yang banyak menyambanginya. 

Untuk perjalanan menuju pantai ini dari Kotagede sekitar 35-40 km dan butuh waktu 1 jam an apabila menggunakan sepeda motor. Rutenya yakni Jl Imogiri Timur - Kebon Agung - Selopamioro - Panggang. Sampai pertigaan Panggang Anda belok ke kiri, terus ikutin jalan itu, sampe ketemu lagi 2 pertigaan Anda lurus terus. Nanti ketemu hamparan tanah luas di kiri jalan dan di kanannya ada pohon beringin besar baru belok kanan. Ikuti jalan itu lurus terus, nanti ada pasar di tanjakan. Di depannya itu ada pertigaan, Anda belok kanan. Terus sampai ketemu pertigaan yang ada pohon beringin di tengah-tengahnya dan di kirinya ada SD Bolang, Anda lurus masuk kampung sampai pertigaan belok kiri --> sampai ke pantainya.

Kapal nelayan di Pantai Gesing
Kapal nelayan di Pantai Gesing
Sesampainya di Pantai Gesing, pemandangannya cukup menawan dan banyak para nelayan wara-wiri disana. Dan ada juga lho orang-orang yang pada memancing ikan. Hehe... Satu hal yang cukup menarik dari Pantai Gesing adalah adanya daerah dengan air yang dangkal dan batu-batu karang. Disana, Anda dapat mencari ikan hias laut yang biasanya berenang ataupun bersembunyi di batu-batu karang tersebut. Jika Anda berencana untuk mencari ikan hias laut, sebaiknya Anda membawa jaring kecil dari rumah.

Selain melihat pemandangan pantai, anda jg bisa mampir ke warung-watung makan ikan di sekitar pantai ini. Untuk harga-harganya lumayan miring kok. Saya rekomendasikan warung makan Kang Wardiyo (begitu turun pas warung pertama) atau bisa ke warung makan Kang Sukadi (paling pojok sendiri). Kedua warung ini selalu ready ikan-ikan segar, tinggal anda pilih saja. Tempatnya bersih dan cukup luas kok.
 
Indahnya Pantai Gesing
Indahnya Pantai Gesing
Fasilitas Pantai Gesing 
1. Masjid ( agak kotor soal jarang digunakan )
2. WC tarif 2000/orang
3. Warung makan ikan
4. TPI (tempat pelelangan ikan) bagi yg mau hunting ikan...Hehe..
Tapi buka saat ada nelayan melaut saja jadi kalau saat musim angin tidak buka...
Jam ramai TPI jam 8-10 pagi.. saat nelayan-nelayan pada pulang dari melaut...

 More Picture 
Beberapa sudut Pantai Gesing
Beberapa sudut Pantai Gesing
Pantai Gesing saat air pasang
Pantai Gesing saat air pasang
Pantai Gesing saat air surut
Pantai Gesing saat air surut
Sunset di Pantai Gesing
Sunset di Pantai Gesing

 Google Maps 

Lihat Peta Lokasi Pantai Gesing Gunungkidul Yogyakarta di peta yang lebih besar


Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More