Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Pantai Nguyahan

 Pantai Nguyahan merupakan pantai kecil berpasir putih yang diapit oleh tebing karang di sisi kanan dan kirinya. Pantai ini mempunyai pemandangan yang asri dan masih alami, tidak begitu banyak dipadati oleh riuhnya wisatawan. Pengunjung bisa duduk-dukuk bersantai di gubug-gubug bambu sederhana, sembari menikmati pemandangan alam, suara deburan ombak dan sejuknya semilir angin lautan.
Ada desa nelayan kecil di sisi bukit yang menghadap ke lautan. Selain ikan, nelayan di Pantai Nguyahan juga mencari lobster dan landak laut yang keduanya menjadi menu favorit bagi warung-warung makan di sekitar Pantai Ngobaran. Paduan antara keindahan alam dan suasana pantai yang tenang, membuat Pantai Nguyahan sebagai pilihan tepat untuk sedikit mengendapkan hati dari kepenatan hidup sehari-hari.

Menurut cerita masyarakat setempat, sejak zaman penjajahan Belanda, Pantai yang berada disebalah barat Pantai Ngobaran sering digunakan sebagai tempat pembuatan garam atau dalam bahasa Jawa disebut uyah. Mulai saat itu hingga kini pantai tersebut dikenal dengan nama Pantai Nguyahan.
Pantai ini turut menjadi saksi penjajahan Belanda saat meminta upeti berupa garam di Pantai Nguyahan. Berbeda dengan Pantai Ngobaran yang sudah sangat terkenal dengan multikultural dan aroma mistisnya. Belum banyak yang mengetahui Pantai Nguyahan ini, maka jelas saja pantai ini cenderung sepi karena memang tidak terdapat papan penunjuk ke pantai ini. Padahal pantai ini merupakan satu paket dengan Pantai Ngobaran.
Jika anda tidak bisa melakukan bermain air dan pasir di Pantai Ngobaran, maka anda dapat melakukannya di Pantai Nguyahan ini. Pantai Nguyahan juga sering digunakan oleh penduduk sekitar yang mencari tumbuhan sejenis algae yang biasa disebut dengan suket paris.





 


Lokasi
Terletak di wilayah Gunungkidul, Yogyakarta, pantai Nguyahan merupakan pantai yang lokasinya paling dekat dibandingkan lokasi pantai yang lain. Pantai Nguyahan bersebelahan dengan pantai Ngobaran, hanya dibatasi satu tanjakan saja. Tidak jauh dari pantai Nguyahan dan pantai Ngobaran, ada satu lagi pantai yang juga menjadi pantai nelayan, yakni pantai Ngrenehan. Jadi, bisa dibilang, ketiga pantai ini sejajar.
Berkunjung ke Pantai Nguyahan menikmati keindahan pantai, keunikan budaya dan sejarahnya namun untuk bermain air dan berenang di pantai tersebut kurang bisa leluasa karena pantai tersebut terdapat banyak sekali terumbu dan batu karang.
Namun kita tak perlu khawatir karena di sebelah pantai ngobaran terdapat sebuah pantai berpasir dan datar yang menarik untuk bermain air dan berenang. Nama pantai tersebut adalah pantai Nguyahan. Pantai Nguyahan terletak sama seperti pantai Ngobaran yaitu di  Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul.
Pantai ini mempunyai keindahan yang tersembunyi dikalangan wisatawan. Tidak terlalu sulit untuk menemukannya, anda hanya berjalan melewati bebatuan dari pantai ngobaran, dan anda akan menemukan pantai ngunyahan ini, memang belum terdapat akses jalan yang bagus untuk menuju kepantai ini, namun bukan menjadi hal yang berat semua itu karena anda akan terpuaskan dengan keindahan yang ada di pantai ini.
Tersembunyinya Keindahan pantai ini bukan karena keindahannya tidak terlihat telanjang mata, tapi karena pantai ini jarang dijamah wisatawan, padahal letak pantai Nguyahan berdampingan dengan Pantai Ngobaran dan jaraknya hanya sekitar 200-500 meter dari Pantai Ngrenehan. Jalan yang belum baik serta tidak adanya papan petunjuk ke arah pantai menjadi penyebab para wisatawan tidak banyak yang mengetahui ada pantai seindah Nguyahan yang berada di sebelah Ngobaran. (pasirpantai.com)

Kembali ----- Pesona Wisata Gunungkidul

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More