Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

9 Manfaat Bunga Kamboja untuk Pengobatan dan Kecantikan

9 Manfaat Bunga Kamboja untuk Pengobatan dan KecantikanManfaat bunga kamboja tidak hanya sebagai tanaman hias di depan villa, atau di pesisir pantai saja. Lebih dari itu, ternyata bunga kamboja sangat berguna untuk kesehatan disebabkan sejumlah mineral dan vitamin di dalamnya. Dilengkapi dengan beberapa senyawa aktif di dalamnya, menjadikan bunga ini sangat bermanfaat bagi kecantikan.

Nama ilmiah untuk tanaman kamboja adalah Plumeria rubra, yang diambil dari nama seorang botanis asal Perancis. Sebagian varietas merupakan tanaman kerdil, sebagian lainnya dapat tumbuh hingga mencapai beberapa meter di atas tanah.

Fakta nutrisi dalam bunga kamboja

Di balik bentuknya yang indah dan baunya yang wangi semerbak, bunga kamboja memiliki sejumlah nutrisi penting seperti vitamin E dan emolien. Keduanya berguna untuk kecantikan kulit, yaitu menghaluskan, melembabkan, menutrisi, dan menjaga kekenyalan kulit.

Getah tanaman ini mengandung senyawa penting seperti lupeol, triterpenoid amyrin, kautscuk, resin, dan damar. Akar dan daun kamboja mengandung senyawa saponin, polifenol, flavonoid, dan alkaloid.

Minyak alami yang terdapat dalam bunga kamboja mengandung linallol, sitronellol, geraniol, dan farnesol. Zat lain yang ada di dalam tanaman ini termasuk plumierid, lipeol, agoniadin, asam plumerat, dan asam sirotenat. Kulit tanaman ini mengandung zat yang bersifat racun.

Bunga kamboja memiliki banyak varietas dengan beragam warna bunga, seperti merah, putih, kuning, pink, dan banyak lagi. Selain sebagai tanaman hias, bunganya juga dapat dikonsumsi sebagai makanan ringan atau dikenal dengan tempura bunga.


9 Manfaat Bunga Kamboja Untuk Pengobatan dan Kecantikan


Senyawa dan nutrisi dalam bunga kamboja membuatnya berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan gangguan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga kamboja untuk pengobatan dan kecantikan:

1. Meredakan nyeri akibat gigi berlubang

Untuk mengobati sakit gigi, cobalah cara alami ini. Basahi kapas dengan getah kamboja, kapas kemudian tempelkan pada lubang di gigi. Lakukan cara ini ketika rasa sakit menyerang gusi anda.

2. Mengobati kencing nanah (gonorrhea)

Akar tanaman kamboja dapat digunakan sebagai obat kencing nanah. Caranya, rebus akarnya bersama 2 gelas air hingga airnya menyusut segelas. Minum airnya setiap hari dengan rutin, sampai sembuh.

3. Menyembuhkan bengkak pada tubuh

Kulit tanaman kamboja memiliki flavonoid, yang bersifat anti radang. Untuk mengurangi pembengkakan pada bagian tubuh, caranya tidak sulit. Tumbuk kulit pohon ini, kemudian rebus ke dalam ½ panci air hingga mendidih. Rendam bagian tubuh yang bengkak ke dalam airnya yang masih hangat. 

4. Mengobati patek (Frambusia)

Patek merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan bintil-bintil, dan menimbulkan bekas luka seperti kerak. Gejalanya termasuk neri sendi dan sakit kepala. Nah, untuk mengobati penyakit menular ini, gunakan bunga kamboja. Caranya, rebus kulit pohon kamboja hingga mendidih selama beberapa menit. Gunakan airnya untuk mandi di pagi dan sore hari.

5. Mengobati luka borok

Untuk mengeringkan luka yang menimbulkan borok, cukup oleskan getah kamboja pada kulit yang bermasalah. Sebelumnya, bersihkan luka dengan air hangat.

6. Mengobati bisul

Cukup dengan mengoleskan getah pohon kamboja pada bagian kulit yang bermasalah, dapat mengatasi bisul yang bandel.


Manfaat Bunga kamboja untuk kecantikan


7. Mengobati tumit yang pecah-pecah

Getah kamboja ternyata juga dapat menyembuhkan tumit retak. Cukup aplikasikan getahnya pada tumit anda setiap malam, sebelum tidur.

8. Menghilangkan tahi lalat yang tumbuh

Getah kamboja sangat tajam bagi kulit kita. Jika diterapkan pada tahi lalat yang hidup, maka dapat melenyapkannya secara berangsur.

9. Menghilangkan kutil

Manfaat bunga kamboja untuk kecantikan lainnya adalah sebagai obat penghilang kutil. Terapkan getahnya pada bagian kulit yang muncul kutil.

Nah, itulah 9 manfaat bunga kamboja untuk pengobatan dan kecantikan. Kini, anda tidak hanya menganggap bunga ini sebagai hiasan di taman saja. Ketika anda mengalami salah satu masalah kesehatan seperti yang telah dijelaskan, silahkan gunakan bunga kamboja.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More