Pantai Baron Yogyakarta, Sang Legenda Gunung Kidul ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Pantai Baron Yogyakarta, Sang Legenda Gunung Kidul

Pantai Baron Yogyakarta, Sang Legenda Gunung Kidul. Ya, bagaimana tidak, pantai yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul ini sudah menjadi tujuan wisata wajib bagi warga Yogyakarta. Lokasi Pantai Baron dapat ditempuh 40 km dari pusat kota Yogyakarta melewati Jalan Wonosari-Gunungkidul. Asal mula nama Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan asal Belanda yang bernama Baron Skeber. Bangsawan tersebut pernah mendaratkan kapalnya di pantai selatan tepatnya di pantai yang saat ini terkenal dengan sebutan Pantai Baron. Jalan menuju obyek wisata Pantai Baron cukup baik untuk dilalui kendaraan pribadi, sepeda motor dan bus karena kondisi jalan yang cukup baik dan terawat. Walaupun begitu, kondisi jalan yang berkelok-kelok membuat para wisatawan yang ingin datang harus cukup berhati-hati dalam memacu kendaraannya. Apalagi dibeberapa titik kita harus melalui jalan menanjak yang cukup tinggi derajad kemiringannya.
Selain untuk tempat wisata, ternyata pantai ini juga menyimpan hasil kekayaan laut yang cukup baik. Nelayan didaerah sana juga banyak membawa hasil tangkapannya ke bibir pantai ini untuk selanjutnya dijual pada pasar setempat atau dijual ditempat wisata ini. Hasil laut dapat kita dapati dengan harga yang beragam yang dijual disini. Sebut saja udang, bawal, kakap, tongkol merupakan hasil laut yang juga dijual di pantai ini dengan harga yang lebih murah daripada di kota Yogyakarta. Wisatawan juga dapat menikmati hasil laut yang sudah diolah pada warung makan yang berejer hampir disetiap bagian tempat ini. Objek wisata pantai Baron memang cukup digemari di kota Wonosari Gunung Kidul, karena sangat memenuhi standar keamanan dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Tampaknya pemerintah daerah cukup memperhatikan faktor kenyamanan dan fasilitas tempat ini, terbukti dari tempat parkiran yang cukup besar dan memadai.
Sebelum masuk ke pantai kita dapat melihat pasar tradsional disana yang menjual berbagai macam keperluan, seperti pakaian dan sendal serta cemilan. Apalagi ditambah pepohonan rindang yang hampir menutupi sebagian teras pantai membuat suasana serasa sejuk dan tidak langsung terkena paparan sinar matahari. Saat berjalan menuju pantai kita akan merasakan terik panas yang sangat luar biasa. Pasir pantai Baron cukup berbeda dengan pantai disebelahnya, Pantai Kakau, karena pasirnya yang sangat panas jika terkena telapak kaki anda. Di bibir pantai kita bisa melihat banyak sekali kapal nelayan yang sedang melabuh menunggu waktu yang tepat untuk mencari ikan. Pada bagian barat dan timur kita bisa melihat bahwa pantai ini diapit oleh perbukitan yang cukup tinggi dan menarik. Perbukitan disebelah barat dapat kita daki melalui jalur setapak yang telah disediakan. Disana kita akan menemui sebuah menara yang cukup tinggi yang disebuat Menara Suar Tajung Baron. Dari atas menara kita bisa melihat lelautan lepas yang sangat indah. Tetapi untuk bisa naik ke atas menara ini kita diwajibkan membayar sejumlah lima ribu rupiah oleh petugas yang berjaga disana.
Jadi bagaimana? Apakah anda tertarik untuk datang ke objek wisata Pantai Baron? Jika anda sedang liburan ke Yogyakarta, tampaknya kurang lengkap jika tidak datang kesini. Karena Pantai Baron mempunyai kesan tersendiri di hati masyarakat Jogja pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Okey, silahkan melihat review tempat wisata yang lain di web ini, mungkin anda bisa menemukan objek wisata yang anda tuju. Terimaksih.

Kembali ----- Pesona Wisata Gunungkidul

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More