Pesona Keindahan Pantai Kukup, Gunung Kidul, Yogyakarta ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Pesona Keindahan Pantai Kukup, Gunung Kidul, Yogyakarta

Pantai satu ini termasuk salah satu wisata pantai yang terkenal di Gunung Kidul, namanya adalah Pantai Kukup. Selain memiliki pemandangan indah, Pantai Kukup ini juga memiliki daya tarik tersendiri dan berbeda dengan pantai-pantai lainnya.


Nah seperti apakah keindahan Pantai Kukup ini? Dan apa saja yang menarik di sana? yuk kita simak ulasan Tim Setapak Pesona berikut ini.

Sekilas tentang Pantai Kukup

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di Gunung Kidul. Pantai satu ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi Pantai Kukup ini masih berada satu jalur dengan pantai-pantai seperti Pantai Baron, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Sundak dan lain-lain.

Apa saja yang menarik dari Pantai Kukup?

Pantai Kukup ini sangat unik dan memiliki pemandangan indah yang tidak kalah dengan pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya. Pantai satu ini memiliki wilayah pantai yang cukup luas, dengan pasir putih yang membentang dari timur hingga barat dan dikelilingi oleh bukit-bukit di sekitarnya.
Pantai Kukup
Di bagian bibir pantai terdapat lantai karang yang menjorok hingga ke selatan. Saat air laut sedang dalam kondisi surut, kita bisa melihat terumbu karang dan aneka biota laut seperti ikan-ikan kecil, rumput laut, dan lain-lain.
Terumbu karang dan rumput laut di Pantai Kukup
Selain bisa melihat terumbu karang dan aneka biota laut, kita juga bisa bermain air atau mandi di pinggir patai kukup ini. Air laut di pinggir laut ini cukup tenang, karena ombak yang datang sudah terpecah oleh lantai karang, sehingga tidak akan sampai ke pinggir pantai. Namun pastikan anda untuk berhati-hati, karena permukaan lantai karang yang tidak rata dan adanya terumbu karang yang tajam bisa membuat kita terluka.
Pinggir Pantai Kukup
Salah satu yang menjadi ciri khas dari Pantai Kukup ini adalah adanya sebuah pulau karang yang berada di sebelah timur pantai. Berbeda dengan pulau yang ada di Pantai Drini, pulau karang tersebut terletak tidak jauh dari tebing pantai, dan di sana ada sebuah jembatan yang menghubungkan tebing dengan pulau tersebut. Sehingga kita tidak perlu repot-repot menyebrang ke sana.
Pulau Karang di Pantai Kukup
Sebelum sampai jembatan ada sebuah jalan yang melintasi pinggiran tebing, sehingga untuk menuju ke pulau tadi, kita harus berjalan terlebih dahulu melalui jalan tersebut. Rangkaian jalan, jembatan dan pulau karang ini tentu menjadi pemandangan indah tersendiri di Pantai Kukup.
Jalan menuju pulau karang di Pantai Kukup
Di pulau karang tersebut ada sebuah bangunan yang berfungsi sebagai gardu pandang yang disediakan untuk para pengunjung menikmati pemandangan di Pantai Kukup. Dari sana kita bisa melihat pemandangan Pantai Kukup secara lebih luas.
Gardu pandang di Pantai Kukup
Gardu pandang di pulau karang tersebut juga bisa menjadi spot yang bagus untuk menikmati sunset. karena letaknya yang sedikit ke selatan sehingga saat mata hari tenggelam tidak terhalang oleh bukit di sebelah timur. Indahnya sunset yang dihiasi dengan bukit-bukit serta mercusuar Pantai Baron yang bersembunyi di balik bukit tentu membuat pemandangan sunset telihat sempurna.

Fasilitas di Pantai Kukup

Fasilitas umum di Pantai Kukup ini sudah cukup memadahi dengan adanya tempat parkir, kamar mandi dan toilet umum, dan tempat ibadah. Selain itu ada juga fasilitas lain seperti penginapan, warung makan, serta penjual souvenir dan pernak-pernik.

Akses menuju Pantai Kukup

Untuk menuju ke Pantai Kukup dari kota Yogyakarta, kita hanya perlu menempuh perjalanan sepanjang kurang lebih 40km atau sekitar 24 km dari Kota Wonosari. Untuk akses jalan menuju Pantai Kukup dari kota Yogyakarta ada 3 jalur, yaitu dari Kota Wonosari, Pantai Parangtritis, atau dari Panggang. Medan jalan menuju Pantai Kukup ini sudah cukup baik, sehingga kita bisa kesana menggunakan bus wisata, maupun kendaraan pribadi seperti mobil maupun sepeda motor.

Biaya masuk Pantai Kukup

Untuk memasuki kawasan Pantai Kukup ini, kita hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp.10.000,- saja. Itu sudah termasuk biaya retribusi ke 8 pantai lain seperti Pantai Baron, Pantai Drini, Pantai Sepanjang, dan beberapa pantai lainnya. Setelah memasuki kawasan pantai kita hanya harus membayar biaya parkir sebesar Rp.2000,- saja, dengan begitu kita sudah bisa menikmati wisata di Pantai Kukup sepuasnya.

Bagaimana? Menarik bukan?

Untuk lebih jelasnya tentang seperti apa Pantai Kukup, ada baiknya kita lihat dulu video perjalanan kami satu ini.
Nah, tunggu apa lagi, yuk buktikan sendiri keindahan Pantai Kukup ini dan ajak teman-teman kamu untuk berkunjung ke sana.

sumber : http://setapakpesona.blogspot.co.id/

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More