Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Kersen (talok)

Manfaat buah Kersen - Buah kersen, siapa yang tidak mengenal dengan buah ini. Buah ini banyak di jumpai tumbuh di depan halaman rumah yang biasanya digunakan sebagai pohon untuk berteduh. Kersen juga memiliki banyak nama yang berbeda – beda ditiap daerahnya, misalnya asa yang menyebut kersen dengan sebutan ceri, seri, baleci, talok, dan masih banyak lagi.

Buah kersen memiliki bentuk yang kecil dan juga manis, serta memiliki tekstur pada bagian dalamnya seperti berupa pasir. Buah ini memiliki ciri jika sudah matang berwarna kuning atau merah dan jika di pencet akan memiliki tekstur yang lembut.

Pada buah yang sekecil  itu ternyata buah kersen memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Pasti kita sudah bertanya – tanya manfaat buah kersen untuk kesehatan . Berikut manfaat buah kersen untuk kesehatan yang umum yaitu dapat menyembuhkan asam urat.


manfaat kersen

Berikut ini adalah manfaat buah kersen untuk kesehatan

  • Anti Bakteri
Buah kersen memiliki sifat anti bakteri, yang dimana sangat bermanfaat bagi tubuh. Sehingga membuat tubuh lebih kuat akan serangan dari  berbagai penyakit. Dalam suatu penelitan menyimpulkan bahwa di dalam buah kersen terdapat senyawa anti bakteri yang sangat kuat.
  • Mengobati Asam Urat
Sudah tak asing lagi jika buah kersen sering di jadikan obat untuk penderita asam urat. Karena memang benar dan terbukti bahwa buah kersen ini dapat dan mampu untuk mengurangi rasa sakit yang di timbulkan pada penderita asam urat.
  • Anti Septik
Selain buahnya yang bermanfaat , daun buah kersen jika direbus mampu membunuh mikroba, dan bahkan bisa juga di gunakan sebagai anti septik. Karena telah terbukti bahwa daun kersen mampu membunuh bakteri , di antaranya C. diphtheria, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. rhizophil. Sifat anti bakteri yang dimiliki oleh kersen berasal dari senyawa seperti tanin, flavonoid dan saponin
  • Anti Oksidan
Manfaat buah kersen selain sebagai anti bakteri, buah kersen juga kaya akan kandungan anti oksidan. Yang di mana anti oksidan adalah merupakan senyawa yang dapat berfungsi untuk menguatkan system kekebalan atau imun. Selain itu anti oksidan dapat bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang di mana merupakan penyebab dari penyakit kanker.

Demikianlah beberapa manfaat buah kersen untuk kesehatan yang harus kita ketahui. Karena begitu banyak tumbuhan yang di ciptakan oleh Allah SWT yang di mana sangat bermanfaat bagi kesehatan. Semoga bermanfaat  = ^^=

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More