Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Sawo

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Sawo
Buah sawo dan manfaatnya sebenarnya sudah dikenal masyarakat sejak lama, dan memang sudah tak perlu diragukan lagi tentang kegunaan buah sawo untuk kesehatan, tetapi masih cukup banyak penduduk atau masyarakat Indonesia yang masih belum mengetahui lebih jauh tentang manfaat dari buah sawo ini.

Sekilas tentang buah sawo

Buah sawo ini mempunyai nama latin Manilkara Zapota. Sawo sendiri memiliki ciri warna coklat untuk daging buah dan juga kulitnya, sementara untuk rasanya, yaitu rasa manis sempurna. Negara Indonesia sebagai negara dengan iklim tropis cocok sekali untuk budidaya buah sawo ini. Di banyak kota, Anda bisa dengan mudah menemukan buah sawo ketika musim buahnya sudah tiba, mirip dengan rambutan.
Banyak orang yang merupakan penggemar buah selalu memburu buah sawo ketika musimnya tiba, untuk memetik berbagai khasiat dan juga rasanya yang menggoyang lidah menurut mereka. Buah sawo juga menjadi salah satu jenis buah yang rasa manisnya oke dan bisa dimakan dengan cara langsung tanpa harus dijadikan jus sawo terlebih dahulu, dan rasanya pun juga sama-sama bisa memberikan kenikmatan pada waktu dikonsumsi. Memakan buah sawo ini ternyata bisa memberikan banyak sekali kegunaan untuk tubuh. Khususnya manfaat kesehatan sebab terlihat dari beragam kandungan bermanfaat dari buah sawo itu sendiri, yang dapat Anda lihat di bawah ini:
  1. Vitamin larut air, B9, B1, B3, B5, serta vitamin C, dan vitamin larut minyak contohnya vitamin E dan vitamin A
  2. Nutrisi makro contohnya protein, lemak, dan karbohidrat
  3. Mineral contohnya zat besi, kalsium, dan fosfor
  4. Kandungan energi tinggi, hingga 90 gr per 100 gr daging buah sawo.

Sawo dan kandungan antioksidan

Melihat dari kandungan nutrisi sawo yang beraneka ragam, maka tak mengherankan apabila masih terdapat kandungan nutrisi pendukung contohnya antioksidan. Dengan memakan buah sawo, Anda pun bisa merasakan khasiatnya secara langsung karena sama saja dengan konsumsi tannin dan polifenol.
Untuk Anda yang tak mau gampang terserang penyakit yang diakibatkan oleh virus, kuman penyakit, serta bakteri, Anda disarankan untuk segera konsumsi buah sawo ini. Keberadaan dari antioksidan pada buah sawo itu mempunyai kemampuan untuk masalah anti inflamasi, antivirus, antibakteri, dan meningkatkan sistem antibodi tubuh Anda. Kegunaan dari buah sawo yang satu ini memang sangat besar potensinya jika dilihat dari manfaat sawo bagi kesehatan tubuh manusia. Selain itu, harga sawo juga sangat murah dan terjangkau, jadi Anda tak akan kesulitan mendapatkannya.

Manfaat buah sawo

Manfaat buah sawo yang pertama yaitu untuk menyembuhkan masalah pencernaan, jika Anda mengalami masalah pencernaan seperti susah buang air besar, maka Anda dapat mencoba makan buah sawo untuk menyembuhkannya. Pada buah sawo itu terdapat kandungan sumber serat pangan, di mana sumber serat pangan inilah yang bias membantu melancarkan pencernaan Anda. Sistem pencernaan lancar menandakan tak adanya gangguan lebih lanjut pada tubuh.
Manfaat kedua buah sawo bagi darah yakni dengan vitamin larut airnya, vitamin B9, maka Anda yang sedang mengalami masalah kurang darah, dan terkena anemia, sangat dianjurkan memakan buah sawo. Buah ini dengan kandungan asam folat dari vitamin B9 tersebut, mampu membantu pembentukan dari sel eritrosit pada tubuh Anda. Sekian artikel tentang kandungan nutrisi dan manfaat dari buah sawo, semoga berkenan.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More